Dipercaya Pertanda Gempa dan Tsunami di Aceh dan Palu, Ikan Oarfish Kembali Muncul

Jum'at, 15 Juli 2022 - 19:46 WIB
loading...
Dipercaya Pertanda Gempa dan Tsunami di Aceh dan Palu, Ikan Oarfish Kembali Muncul
Ikan Oarfish muncul dan ditangkap sekelompok nelayan di Cile. FOTO/ Daily Mail
A A A
SANTIAGO - Ikan oarfish berukuran raksasa tertangkap sekelompok nelayan di Cile, ikan raksasa berukuran 4,8 meter (16 kaki) yang memicu kekhawatiran masyarakat setempat. Ikan ini juga pernah muncul berberapa kali di Indonesia sebelum gempa dan tsunami beberapa tahun lalu.

Seperti dilansir dari Daily Star Jumat (15/7/2022), Masyarakat Cile percaya ikan itu adala petanda bahwa gempa akan terjadi setelah kemunculan ikan raksasa yang dikenal sebagai oarfish.



Ikan itu ditangkap di lepas pantai Chili dan warga sipil yang tinggal di kota Arica berbondong-bondong ke dermaga untuk melihat hewan aneh itu.

Rekaman yang dibagikan di situs TikTok menunjukkan ikan panjang dan kurus tersangkut di kepala saat para pekerja memindahkannya ke darat.

Video itu mendapat 10 juta suka. Tapi itu juga menimbulkan kekhawatiran di antara penduduk setempat yang khawatir penemuan itu adalah tanda gempa bumi yang dahsyat.

"Masalahnya sekarang kemana kita akan mengungsi jika bencana ini terjadi," komentar seorang pengguna media sosial.

Beberapa orang juga percaya bahwa siapa pun yang menemukan ikan dayung akan dikutuk, sedangkan kemunculannya di dunia manusia adalah pertanda buruk.

Tak hanya di Cile, ikan ini juga pernah beberapa kali muncul di Indonesia seperti di Aceh 2005 dan Palu 2018, dan yang terbaru saat munculnya oarfish di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, 9 Desember 2019 lalu.

Saat itu, oarfish berhasil meramaikan linimasa sosial media di Indonesia. Narasi yang beredar menyebutkan, kemunculan ikan oarfish menandakan bakal terjadinya gempa besar dan tsunami.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)