Penemuan Gua Misterius Bekas Penambangan di Inggris, Temukan Harta Karun Sisa Logam Berharga

Selasa, 19 Juli 2022 - 17:37 WIB
loading...
Penemuan Gua Misterius Bekas Penambangan di Inggris, Temukan Harta Karun Sisa Logam Berharga
Instrumen berusia 200 tahun ini, yang disebut mesin kerek, akan digunakan untuk memindahkan material berat. Foto/National Trust Images/Paul Harris/Live science
A A A
LONDON - Gua misterius bekas penambangan pada tahun 1810 ditemukan di Cheshire, Inggris . Para penjelajah menemukan harta karun sisa logam berharga dan sejumlah artefak yang relatif masih utuh setelah berabad-abad.

Penambangan yang terletak di dekat Manchester di sebuah desa bernama Alderley Edge, pernah menjadi sumber kobalt, sebuah elemen yang ditambang untuk pigmen biru cemerlang yang diilhami pada tembikar dan kaca.

Penambangan kobalt adalah perdagangan yang menguntungkan bagi Inggris pada abad ke-19. Tetapi impor dari negara lain menjadi lebih murah daripada kobalt Inggris, sehingga tambang khusus ini, yang dimiliki oleh Sir John Thomas Stanley pada awal 1800-an, ditinggalkan sekitar tahun 1810.

“Menemukan tambang dalam kondisi murni, bersama dengan benda-benda pribadi dan prasasti, jarang terjadi,” kata Ed Coghlan, anggota Derbyshire Caving Club, dalam sebuah pernyataan dari National Trust dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (19/7/2022).



Anggota Derbyshire Caving Club telah menjelajahi tambang Alderley Edge sejak tahun 1970-an, dengan menyewa akses dari National Trust, sebuah badan amal konservasi yang berbasis di Inggris. Kelompok gua baru-baru ini menemukan beberapa barang pribadi yang tertinggal di bagian tambang yang sebelumnya belum dijelajahi.

Sepatu kulit, pipa tanah liat, prasasti misterius yang ditulis dengan jelaga lilin. Ini hanyalah beberapa artefak yang ditemukan di gua bekas tambang kobalt. Penemuan itu seperti membuka kapsul waktu.

“Ini adalah jendela yang menarik ke masa lalu dan hari terakhir ketika para pekerja tambang menghentikan kegiatan mereka,” ujar Ed Coghlan.



Bersama dengan sepatu dan pipa, para penjelajah gua menemukan mangkuk yang terkubur di dinding. Ini mungkin merupakan tanda para penambang takhayul yang berterima kasih kepada tambang itu atas bijihnya yang bagus. Salah satu temuan langka adalah alat yang disebut mesin kerek, yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material berat.
Penemuan Gua Misterius Bekas Penambangan di Inggris, Temukan Harta Karun Sisa Logam Berharga


Salah satu temuan yang sangat misterius adalah prasasti inisial "WS", dengan tanggal "20 Agustus 1810" tertulis di bawahnya. “Penelitian kami sejauh ini belum mengidentifikasi siapa ini,” kata Coghlan.

Para penjelajah gua menemukan kata-kata dan angka-angka lain yang tergores di dinding tambang. “Kami menemukan inisial dan angka lain yang lebih mendasar di tempat yang kami yakini sebagai 'boks' atau tempat istirahat, seolah-olah seseorang telah belajar dan berlatih menulis,” tutur Coghlan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)