China Siap Luncurkan Modul Wentian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Rabu, 20 Juli 2022 - 20:30 WIB
loading...
China Siap Luncurkan Modul Wentian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong
China siap meluncurkan modul kedua Wentian untuk stasiun luar angkasa Tiangong menggunakan roket raksasa Long March 5B pada 24 Juli 2022. Foto/Global
A A A
BEIJING - China siap meluncurkan modul kedua Wentian untuk stasiun luar angkasa Tiangong menggunakan roket raksasa Long March 5B pada Minggu 24 Juli 2022. Roket Long March 5B setinggi 53 meter yang berisi modul Wentian sudah dipindahkan secara vertikal dari gedung perakitan ke landasan peluncuran di pantai pulau Hainan pada awal 18 Juli 2022.

Roket seberat 849.000 kilogram diangkut kira-kira 2.800 meter ke landasan selama dua jam. Menurut Badan Antariksa Berawak China (CMSA) berbagai pemeriksaan fungsi peluncuran dan tes bersama terus dilakukan pada hari-hari menjelang peluncuran.

Pihak berwenang China belum secara terbuka mengungkapkan waktu dan tanggal peluncuran modul Wentian. Namun, laman south china morning post (scmp) melaporkan peluncuran diperkirakan akan berlangsung pada hari Minggu 24 Juli 2022 pukul 14.20 waktu Beijing.



Dikutip dari laman Space,com, modul Wentian terbungkus dalam fairing muatan sepanjang 20,5 meter yang akan dibuang begitu sebagian besar pesawat ruang angkasa melalui atmosfer Bumi. Setelah peluncuran, Wentian akan menyamai penerbangan Tianhe, yang saat ini mengorbit pada ketinggian 381 kilometer di atas Bumi, dan bertemu serta berlabuh dengan hub docking Tianhe.

Wentian kemudian akan dipindahkan dari port docking depan ke port lateral atau samping, di mana dia akan tetap dan siap untuk operasi. Lengan robot Tianhe sepanjang 10 meter akan digunakan untuk memposisikan ulang Wentian.
China Siap Luncurkan Modul Wentian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong


Wentian dirancang untuk menampung serangkaian lemari eksperimen untuk melakukan percobaan sains di orbit. Modul ini juga memiliki tempat tidur astronot tambahan, dapur, dan toilet sehingga memungkinkan melakukan serah terima awak, yang berarti enam anggota awak dapat tinggal sementara di atas Tiangong.



Sedangkan roket Long March 5B memiliki diameter panggung inti 5 meter dan empat pendorong samping yang menambahkan daya dorong ekstra. Kemampuan ini memungkinkannya meluncurkan muatan seperti modul Wentian seberat 22.000 kilogram untuk dikirim ke stasiun luar angkasa China.

Peluncuran Wentian direncanakan menjadi salah satu dari dua modul yang akan dikirim ke orbit tahun ini. China dijadwalkan untuk meluncurkan modul hosting eksperimen lainnya, bernama Mengtian, pada bulan Oktober 2022.
China Siap Luncurkan Modul Wentian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong


Pasangan modul ini akan bergabung dengan modul inti Tianhe yang mengorbit untuk membentuk stasiun ruang angkasa berbentuk T yang direncanakan China akan beroperasi setidaknya selama satu dekade.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2519 seconds (0.1#10.140)