4 Negara Asia yang Memiliki Rudal Hipersonik

Jum'at, 22 Juli 2022 - 13:30 WIB
loading...
4 Negara Asia yang Memiliki Rudal Hipersonik
Sedikitnya ada empat negara Asia yang memiliki rudal hipersonik.Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat negara Asia yang memiliki rudal hipersonik . Seiring perkembangan teknologi, negara-negara di dunia berlomba-lomba memperkuat persenjataan militernya. Salah satu yang cukup populer adalah senjata hipersonik.

Secara teknis, senjata hipersonik memiliki dua jenis, yaitu kendaraan luncur hipersonik dan rudal hipersonik. Dalam hal ini, tak hanya Amerika Serikat dan Rusia, negara di kawasan Asia pun turut mengembangkan jenis persenjataan canggih ini.

Baca juga : Perbedaan Kecepatan Antara Rudal Hipersonik dan Rudal Supersonik

Siapa sajakah mereka? Dilansir dari Defense News, berikut empat negara Asia yang memiliki rudal hipersonik :

1. India

India juga diketahui sedang mengejar senjata hipersonik dan senjata energi terarah. Fokus negara pada teknologi hipersonik ini telah dibuktikan dengan pembuatan terowongan angin untuk pengujian senjata tersebut.

Seorang ilmuwan DRDO menyampaikan bahwa kendaraan jelajah hipersonik ini nantinya akan digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah hipersonik. DRDO juga merogoh kocek hingga $30 Juta untuk fase desain dan pengembangan senjata ini. Selain itu, India juga mengembangkan rudal hipersonik BrahMos II.

2. Jepang

Jepang tak ketinggalan untuk turut mengembangkan senjata hipersonik. Sejak akhir 2010-an, mereka memfokuskan pandangan pada dua kelas sistem hipersonik, yaitu rudal jelajah hipersonik atau HCM dan proyektil peluncur hypervelocity atau HVGP.

Pemerintah Jepang melakukan penelitian dan pengembangan teknologi hipersonik dengan mengeluarkan sekitar 240 miliar yen (US$2 miliar) dalam anggaran pertahanan terbarunya dialokasikan untuk program tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1701 seconds (11.210#12.26)