Inilah Deretan Tumbuhan Paling Unik di Dunia

Rabu, 27 Juli 2022 - 16:53 WIB
loading...
Inilah Deretan Tumbuhan Paling Unik di Dunia
Perbedaan cuaca, kelembaban, curah hujan, dan intensitas sinar matahari sangat mempengaruhi keunikan tanaman. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bumi menyimpan beraneka ragam flora atau tumbuhan yang tersebar di berbagai wilayah. Tak sedikit di antara tumbuhan yang ada memiliki bentuk dan prilaku unik.

Keunikan ini dapat terjadi karena tanaman sendiri dapat berevolusi sesuai dengan letak geografisnya. Perbedaan cuaca, kelembaban, curah hujan, dan intensitas sinar matahari sangat mempengaruhi keunikannya.

Berikut ini adalah deretan tumbuhan unik di dunia, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Dracula Simia
Inilah Deretan Tumbuhan Paling Unik di Dunia

Dracula Simia merupakan jenis anggrek unik yang bentuknya sekilas mirip wajah monyet. Habitat anggrek ini biasanya tumbuh di hutan Amerika Tengah dan juga Selatan. Para ilmuwan menyebut Dracula Simia dapat menarik perhatian lalat dan serangga untuk bertelur di atasnya. Nantinya tumbuhan ini pun akan melakukan penyerbukan alami.

Bunga Bibir
Inilah Deretan Tumbuhan Paling Unik di Dunia

Selain bentuknya yang memang mirip bibir merah merona, tumbuhan yang satu ini juga mampu menarik perhatian serangga lewat aromanya. Ini lantaran ia dapat memproduksi senyawa untuk memunculkan aroma khas.

Serangga yang tergoda akan menghamliri Bunga Bibir ini dan akan melakukan penyerbukan alami. Meskipun wujud dan prilakunya unik, namun jangan sekali-kali mengkonsumsinya karena akan menimbulkan efek halusinasi.

Welwitschia
Inilah Deretan Tumbuhan Paling Unik di Dunia

Welwitschia merupakan tumbuhan unik dengan wujud menyeramkan. Para peneliti mengatakan bahwa Welwitschia ini adalah tumbuhan yang berasal dari zaman purba.

Welwitschia diyakini sudah ada sejak masa dinosaurus. Ia berhasil berevolusi di tengah lingkungan panas yang tidak mendukung kehidupan. Welwitschia sendiri tumbuh di gurun Namibia.

Victoria Amazonia
Tumbuhan ini merupakan salah satu tanaman teratai terbesar di dunia. Habitatnya berada di hutan Amazon dan daunnya dapat bertumbuh 10 cm setiap 24 jam hingga puncaknya pada akhir musim panas akan berbunga penuh.

Victoria Amazonia juga memiliki keistimewaan lain, yakni daunnya yang sangat kuat. Saking kuatnya sanggup menahan beban hingga 70 kg di atasnya, itu artinya orang bisa berdiri di atasnya.

BACA JUGA: Menolak Mati, Inilah Mobil-Mobil Paling Panjang Umur di Dunia

Baobab
Inilah Deretan Tumbuhan Paling Unik di Dunia

Baobab menjadi salah satu tumbuhan terbesar dan tertinggi di dunia. Tumbuhan ini ada di benua Afrika tepatnya di Madagaskar. Untuk mengelilingi pohon ini butuh sekitar 20 orang dewasa.

Ukuran diameter mahkota Baobab sangat besar yakni mencapai 3-8 meter dan ini merupakan rekor terbesar yang pernah tercatat sementara tingginya sendiri bisa mencapai lebih dari 25 meter.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1293 seconds (10.177#12.26)