Kiswah Akan Diganti Besok! Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jum'at, 29 Juli 2022 - 19:53 WIB
loading...
Kiswah Akan Diganti Besok! Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah
Kiswah akan diganti besok, Inilah sejarah kain hitam penutup Kabah. FOTO/ IST
A A A
JEDDAH - Kain hitam bersulam benang emas yang dikenal sebagai Kiswah yang menutupi Kabah di Kota Suci Makkah, Arab Saudi dijadwalkan akan diganti hari ini (Jumat), setelah sholat Isya waktu setempat sebagai simbol Tahun Baru Islam 1444. Hijrah pada hari Sabtu besok.


Departemen Agung Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melalui sharing di Twitter menyatakan bahwa pekerjaan penggantian Kiswah akan ditangani oleh 166 staf departemen, sesuai dengan tradisi tahunan.

Seperti dilansir dari Saudi News Agency (SPA) sebelumnya melaporkan bahwa Kiswah Ka'bah akan diganti pada Sabtu (30 Juli), mengutip pernyataan dari departemen pada 26 Juli.

Namun, departemen mengumumkan hari ini bahwa tidak ada bulan baru Muharram yang diamati pada Kamis malam dan bulan Zulhijjah selesai 30 hari (30 Juni - 29 Juli) hari ini (Jumat), sehingga menjadikan 1 Muharram (Awal Muharram) ditetapkan pada Sabtu sebagai awal kalender Islam di Arab Saudi.

Arab News dalam laporannya mengutip Direktur Jenderal departemen, Syekh Dr Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan, sebanyak 200 pekerja terampil terlibat dalam pembuatan Kiswah di Kompleks Raja Abdul Aziz.

Pada masa Qusay ibnu Kilab, salah seorang leluhur Nabi Muhammad yang terkemuka, pemasangan kiswah pada Ka’bah menjadi tanggung jawab masyarakat Arab dari suku Quraisy.

Nabi Muhammad SAW sendiri juga pernah memerintahkan pembuatan kiswah dari kain yang berasal dari Yaman. Sedangkan empat khalifah penerus Nabi Muhammad yang termasuk dalam Khulafa al-Rasyidin memerintahkan pembuatan kiswah dari kain benang kapas.

Sementara itu, pada era Kekhalifahan Abbassiyah, Khalifah ke-4 al-Mahdi memerintahkan supaya kiswah dibuat dari kain sutra Khuz. Menurut catatan sejarah, kiswah tidak selalu berwarna hitam pekat seperti saat ini. Kiswah pertama yang dibuat dari kain tenun dari Yaman justru berwarna merah dan berlajur-lajur.

Sedangkan pada masa Khalifah Mamun ar-Rasyid, kiswah dibuat dengan warna dasar putih. Kiswah juga pernah dibuat berwarna hijau atas perintah Khalifah An-Nasir dari Bani Abbasiyah (sekitar abad 16 M) dan kiswah juga pernah dibuat berwarna kuning berdasarkan perintah Muhammad ibnu Sabaktakin.

Meskipun kiswah tampak hitam jika dilihat dari luar, namun ternyata bagian dalam kiswah itu berwarna putih. Salah satu kalimat yang tertera dalam pintalan emas kiswah adalah kalimah syahadat, Allah Jalla Jalallah, La Ilaha Illallah, dan Muhammad Rasulullah .
Kaligrafi yang digunakan untuk menghias kiswah terdiri dari ayat-ayat yang berhubungan dengan haji dan Kabah juga asma-asma Allah yang dimuliakan. Hiasan kaligrafi yang terbuat dari emas dan perak tampak berkilau indah saat terkena cahaya matahari.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)