Ilmuwan Israel Temukan Makam Nabi Yosua di Palestina

Senin, 08 Agustus 2022 - 20:27 WIB
loading...
Ilmuwan Israel Temukan Makam Nabi Yosua di Palestina
Makam Nabi Yosua ditemukan di Tepi Barat di Palestina. FOTO/ IST
A A A
JERUSALEM - Para arkeolog Israel mengklaim telah menemukan makam Nabi Yusya atau Yosua di Khirbet Tibnah yang berada di Tepi Barat, Palestina.

Situs kuno Khirbet Tibnah diduga tempat tinggal dan makam Nabi Yusya bin Nun telah berusia 4.000 tahun. Penggalian di Khirbet Tibnah itu dipimpin Dr. Dvir Raviv, bersama mahasiswa Bar-Ilan University serta sukarelawan dari dalam dan luar Israel.

BACA JUGA - Membaca Misi Suci Nabi Musa AS

Khirbet Tibnah terletak di sebuah bukit di barat daya Samaria, dekat Halamish. Situs ini dihuni dari Zaman Perunggu hingga awal periode Ottoman, atau sekitar 4.000 tahun.

Diyakini murid Nabi Musa yang bernama Yusya bin Nun hidup dan dimakamkan di situs tersebut. Yusya bin Nun ini merupakan keturunan Efraim bin Yusuf. Yusya adalah cicit Nabi Yusuf.

Nama Yusya tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 60, 62 dan 63.

Tetapi para ahli tafsir meyakini Yusya disebut secara tersirat sebagai 'pembantu' atau 'asisten' yang mendampingi Nabi Musa ketika mencari Nabi Khidir.

Keyakinan jasad Nabi Yusya dikubur di Khirbet Tibnah didukung fakta bahwa situs ini juga dikenal sebagai Timnat-sini atau Timnat-serah.

Dalam tradisi Nasrani dan Yahudi, Timnat-sini adalah nama sebuah kota yang diberikan orang Israel kepada Yosua atau Nabi Yusya. Dia diyakini tinggal dan dimakamkan di sana.

Situs, yang disurvei sejak abad ke-18 dan disebutkan dalam sejumlah dokumen sejarah, berisi sisa-sisa dari periode Romawi dan Ottoman yang ditemukan sepanjang abad ke-19.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1000 seconds (10.55#12.26)