5 Hewan Bermata Satu yang Pernah Menggemparkan Dunia, Nomor 3 dari Indonesia

Kamis, 11 Agustus 2022 - 16:28 WIB
loading...
5 Hewan Bermata Satu yang Pernah Menggemparkan Dunia, Nomor 3 dari Indonesia
Sedikitnya ada lima hewan bermata satu yang pernah muncul dan menggemparkan dunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima hewan bermata satu yang pernah muncul dan menggemparkan dunia . Dari sekian banyak hewan yang tersebar di seluruh dunia, ada sebagian dari mereka yang memiliki karakteristik unik, bahkan bisa dibilang abnormal.

Salah satu diantaranya adalah terlahir dengan satu mata. Kondisi tersebut biasanya dikenal sebagai cacat lahir atau Cyclopia. Singkatnya, keadaan ini disebabkan otak depan dari embrio yang tidak membentuk dua belahan yang sama.

Baca juga : Ini Penampakan Kambing Bermata Satu Gegerkan Blitar, Pemilik Mengaku Ketakutan

Berikut lima hewan bermata satu yang pernah menggemparkan dunia :

1. Cyclops Goat Kid

Pada tahun 2017, dunia sempat geger dengan kemunculan seekor anak kambing bermata satu. Fenomena unik ini terjadi di Desa Assam, India. Dikutip dari Live Science, seorang warga India menunjukan foto anak kambing dengan satu mata besar di dahinya.

Usut punya usut, kambing tersebut ternyata mengalami kondisi cacat lahir yang disebut Cyclopia. Cyclopia sendiri merupakan salah satu bentuk dari gangguan holoprosencephaly yang biasa muncul selama perkembangan janin.

Janin dengan Cyclopia akan gagal mengembangkan dua rongga matanya. Sebagai konsekuensinya, dia akan membentuk satu rongga mata sentral yang berisikan mata dengan ukuran besar atau dua bola mata yang sebagiannya menyatu.

Dalam kasus ini, sebenarnya tidak hanya mata yang bisa terpengaruh. Anggota tubuh lain seperti telinga, hidung, dan lainnya juga bisa bernasib sama apabila mengalami gangguan tersebut.

2. Cyclops Sheep

Tak hanya kambing, seekor domba bermata satu juga pernah menggemparkan dunia. Kejadian ini diketahui setelah seorang peternak asal Turki mengunggah rekaman yang memperlihatkan anak domba dengan satu mata.

Dikutip dari Irish Mirror, Domba Cyclops ini sejatinya baru lahir. Hanya saja, dia terlahir dalam keadaan memiliki satu mata saja. Namun, pada bagian lainnya dia tetap terlihat seperti domba pada umumnya.

Unggahan video peternak asal Turki tersebut lantas mendapat respon yang cukup banyak dari warganet di seluruh dunia. Sebagian besar dari mereka merasa kasihan karena anak domba itu harus terlahir cacat atau tidak sempurna.

3. Bayi Hiu Albino Bermata Satu

Hewan bermata satu yang berikutnya ditemukan di Indonesia. Kejadian langka ini terjadi sekitar tahun 2020, ketika seorang nelayan berlayar di sepanjang provinsi Maluku. Dalam perjalanannya, dia menjumpai seekor bayi hiu albino yang sangat langka.

Dikutip dari ZME Science, penemuan mengejutkan ini terjadi setelah nelayan tersebut memotong perut induk Hiu. Di dalamnya, mereka menemukan 3 bayi hiu dengan salah satunya yang hanya memiliki satu mata.

Setelah ditelusuri, ada dua kemungkinan yang bisa menjelaskan kondisi langka ini. Pertama adalah cacat lahir Cyclopia, sedangkan kemungkinan kedua adalah albinisme yang ditandai kurangnya pigmen melanin di tubuh hewan tersebut.

Baca juga : Heboh, Anak Kambing Aneh Bermata Satu dan Tidak Berhidung di Simalungun

4. Real Life Cyclops

Beralih ke Thailand, kali ini ada seekor anak anjing yang hanya memiliki satu mata. Dikutip dari Express UK, Somjai Phummamam dan Istrinya Amphan memposting sebuah video yang memperlihatkan seekor anak anjing yang tidak biasa. Mereka memberinya nama Kevin.

Anak anjing tersebut hanya memiliki satu mata di bagian kepalanya. Tak hanya itu, dia juga memiliki bibir yang sangat besar dan kulit yang tidak biasa pada bagian dahinya.

Meski memiliki kelainan bentuk, pemiliknya berjanji untuk merawatnya. Uniknya, sebagian warga lokal memuji keberadaan anak anjing abnormal tersebut sebagai keajaiban. Bahkan, sebagian dari mereka menyebutnya sebagai Real-life Cyclops.

5. Babi Bermata Satu

Pada tahun 2017, seekor anak babi terlahir dengan bentuk yang tidak biasa di daerah San Juan, Provinsi Pinar del Rio, Kuba. Berbeda dengan saudara kandungnya yang lahir bersamaan, dia memiliki bentuk yang abnormal.

Dikutip dari Metro UK, pemilik babi tersebut mengklaim bahwa hewan peliharaannya telah melahirkan seorang bayi babi yang mirip dengan monyet. Selain itu, dia juga hanya memiliki satu mata di kepalanya.

Kelahiran yang tidak normal ini diyakini sebagai bentuk mutasi genetik yang membuatnya lahir abnormal.

Demikian ulasan mengenai hewan bermata satu yang pernah muncul dan menggemparkan dunia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)