Bocah 8 Tahun Temukan Gigi Megalodon di Pantai Summerville

Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:34 WIB
loading...
Bocah 8 Tahun Temukan Gigi Megalodon di Pantai Summerville
Bocah 8 tahun temukan Gigi Hiu Megalodon. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Bocah laki-laki berusia 8 tahun Riley Gracey menemukan gigi hiu purba Megalodon di Pantai Summerville, Carolina Selatan. Gigi sepanjang 10 cm disinyalir milik Megalodon penguasa lautan 30 juta tahun lalu.

Disebutkan bahwa pantai Summerville ini memang populer di kalangan para pemburu fosil. Sammy, bersama ayahnya Peter Shelton, memang sedang mencari fosil ketika dia tak sengaja menemukan gigi hiu raksasa tersebut.



Seperti dilansir dari Daily Star, Selasa (23/8/2022), Riley Gracey mengungkapkan bahwa putranya yang berusia enam tahun sangat senang karena sebelumnya mereka telah melihat pecahan gigi hiu di pantai. Namun, mereka tidak pernah menemukan sesuatu yang sebesar dan seberat fosil tersebut.

Gigi Megalodon tersebut sudah dipastikan oleh profesor Ben Garrod, ahli biologi di University of East Anglia di Norwich. Ben Garrod memperkirakan bahwa usia gigi tersebut mencapai 3 juta-20 juta tahun.

Ia juga menginformasikan bahwa Megalodon bisa tumbuh sepanjang 18 meter dan berat mencapai 60 ton. Megalodon adalah hiu raksasa yang jadi puncak rantai makanan di laut. Hiu tersebut memakan hewan besar lainnya seperti paus. Spesies tersebut pernah mendominasi lautan di dunia. Bahkan, arti Megalodon sendiri adalah gigi besar.

Gigi hiu Megalodon terbesar mencapai 17,8 cm atau dua kali panjang gigi hiu putih besar terbesar (Carcharodon carcharias). Demikian menurut Survei Geologi Kentucky di Universitas Kentucky.

Hiu memang bisa menanggalkan gigi lama dan menumbuhkan gigi baru sepanjang hidupnya. Sehingga, gigi hiu bisa jatuh ke dasar laut dan menjadi fosil.

Film sains fiksi The Meg (2018) adalah salah satu film yang mengangkat hiu Megalodon ke layar lebar, dimana hiu tersebut melawan aktor Jason Statham.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)