Penyebab Hiu Megalodon Punah, Ini Fakta-faktanya

Jum'at, 11 Maret 2022 - 17:27 WIB
loading...
Penyebab Hiu Megalodon Punah, Ini Fakta-faktanya
Hiu megalodon adalah salah satu makhluk purba yang dikenal sebagai penguasa lautan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hiu megalodon adalah salah satu makhluk purba yang dikenal sebagai penguasa lautan. Hiu urba yang hidup sekitar 23 juta tahun yang lalu ini memiliki gigitan terkuat di dunia melebihi gigitan Tyrex.

Dilansir dari A-Z Animals, sebagian besar ahli percaya bahwa kepunahan hiu megalodon disebabkan karena perubahan iklim yang membuat habitat mereka menjadi jauh lebih dingin. Hal ini yang kemungkinan besar mempengaruhi situasi kehidupan mereka.

Perubahan iklim ini mungkin juga menyebabkan ikan lain di laut mati, yang kemudian berdampak pada megalodon dan sumber makanannya. Dengan hampir tidak ada makanan dan tidak ada tempat untuk pergi, makhluk besar ini akhirnya mati.

Sementara megalodon sekarang sudah punah, hiu tertentu yang ada saat ini mungkin berasal dari pohon keluarga yang sama, atau bisa saja berevolusi dari megalodon.

BACA: Bumi di Ambang Kiamat, Riset Nature Sebut Hutan Amazon Mendekati Kematian

Alasan lain megalodon bisa punah adalah Supernova. Pada tahun 2018 jurnal Astrobiology menyatakan bahwa megalodon punah dari sumber yang paling tidak terduga. Astrobiologi menyajikan data bahwa supernova ini membunuh 1/3 mamalia laut besar dunia.

Radioaktif dari supernova menyebabkan risiko kanker yang lebih tinggi secara dramatis pada hewan yang lebih besar, termasuk hiu megalodon.

Dilansir dari A-Z Animals, berikut fakta-fakta hiu megalodon yang sudah punah:

1. Bayi Megalodon Sudah Kanibal Sejak di Kandungan

Bayi hiu megalodon terlahir berukuran besar dengan ukuran 6,6 kaki atau sekitar 2 meter. Karena ukurannya yang sangat besar, para ahli menyimpulkan bahwa mungkin saja bayi megalodon memakan saudara kandungnya atau kanibal saat masih dalam kandungan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2217 seconds (10.55#12.26)