Rusia Siap Ekspor Tank T-14 Armata, Dilengkapi Turrer Lapis Baja Tanpa Awak

Senin, 29 Agustus 2022 - 17:09 WIB
loading...
Rusia Siap Ekspor Tank T-14 Armata, Dilengkapi Turrer Lapis Baja Tanpa Awak
Perusahaan senjata Rusia Rosoboronexport siap mengekspor tank tempur utama (Main Battle Tank/MBT) yang paling baru, yaitu T-14 Armata. Foto/National Interest/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Perusahaan senjata RusiaRosoboronexport siap mengekspor tank tempurutama (Main Battle Tank/MBT) yang paling baru, yaitu T-14 Armata. Salah satu kelebihan tank T-14 Armata adalah turret lapis baja yang bisa dioperasikan tanpa awak dan memiliki lambung lebih kokoh.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Senin (29/8/2022), CEO Rosoboronexport Alexander Mikheev pada pameran dagang “Army 2022” mengatakan, ada sekitar enam negara telah menyatakan minatnya pada tank T-14 Armata. Namun, hingga saat ini belum ada keterangan resmi negara mana saja yang berminat dengan tank T-14 Armata.

Diketahui MBT T-14 Armata secara resmi diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 7 Mei 2015 selama gladi bersih Parade Kemenangan Mei di Lapangan Merah di Moskow. Tank T-14 Armata Rusia dirancang dengan desain yang benar-benar baru dengan turret tak berawak dan lapis baja ringan serta lambung lapis baja berat.

Baca juga; Jagoan Perang Kota, Tank Terminator Rusia Mondar-Mandir di Perbatasan Ukraina

Model baru ini dengan penekanan utama pada memaksimalkan kemampuan bertahan awak. Selain itu, menurut data resmi Kementerian Pertahanan Rusia, penetrasi armor yang dicapai oleh T-14 Armata seharusnya hampir dua kali lipat dari model MBT Rusia terbaru lainnya yang saat ini digunakan, seperti T-72B3M, T-80BWM, atau T-90M.

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia menandatangani kontrak pertama untuk pasokan serial MBT T-14 Armata dan kendaraan tempur infanteri berat berdasarkan sasisnya selama Forum Teknis Militer Internasional “Army 2018”. Sebanyak 132 kendaraan dari kedua jenis itu akan dikirim, tetapi hingga saat ini, hanya sekitar 20 kendaraan pra-produksi yang beroperasi dengan tentara Rusia.

Persenjataan
Data dari armyrecognition tank T-14 Armata dilengkapi dengan turret tanpa awak dan semua kru berada di bagian depan lambung. Turret jarak jauh tak berawak baru T-14 dilengkapi dengan meriam smoothbore 125mm 2A82-1M generasi baru dengan pemuat otomatis dan 32 peluru yang siap digunakan.

Baca juga; Tank Ini Dirancang Rusia untuk Perang Nuklir, Mampu Menahan Ledakan Bom Atom

Meriam utama juga dapat menembakkan peluru kendali laser baru dengan jangkauan dari 7 hingga 12 km. Tank T-14 Rusia akan dapat menembakkan peluru kendali baru, itu dimasukkan dalam muatan amunisi dari senjata 152mm prospektif.

Tank T-14 Armata memiliki senjata sekunder berupa peluncur granat 57mm yang dipasang di kiri turret, dan senapan mesin 12,7 mm yang dipasang di sisi kanan. Untuk model terbaru T-14 Armata, persenjataan sekunder terdiri dari satu senapan mesin Kord 12,7 mm dengan 300 butir peluru dan sebuah senapan mesin Pecheneg PKP atau PKTM 7,62 mm dengan 1.000 butir peluru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3274 seconds (0.1#10.140)