3 Roket Tercanggih Buatan NASA, Nomor Terakhir Akan Diluncurkan Pada Program Artemis

Kamis, 01 September 2022 - 15:24 WIB
loading...
A A A
NASA telah melakukan lebih dari 135 misi penerbangan ke luar angkasa dengan pesawat ulang aliknya ini. Kendaraan ini mengacu pada sistem pesawat yang bisa digunakan kembali.

Pesawat ini dibuat dengan tujuan untuk mengirimkan orang dan muatan ke luar angkasa antara tahun 1981 dan 2011. Sistem ini terdiri dari "Orbiter" bersayap putih dengan mesin kuat yang terpasang pada tangki bahan bakar eksternal besar dan dua pendorong roket di landasan peluncuran.

Kendaraan ini telah berhenti beroperasi sejak 2011 lalu. Secara spesifikasi Space Shuttle memiliki tinggi 56 meter dengan kemampuan tampung 65.000 pound. Daya dorongnya sendiri sebesar 7,8 juta pound.

Baca juga : NASA Temukan Pintu Menuju Dunia Lain

3. SLS

Space Launch System (SLS) merupakan kendaraan luar angkasa satu satunya yang dapat mengirim pesawat luar angkasa Orion, astronot dan kargo ke Bulan dalam satu kali misi.

Dari informasi yang didapat dari laman nasa.gov, bahwa roket SLS memiliki daya dorong sebesar 8,8 juta pon yang lebih kuat ketimbang Saturn V maupun roket pendorong pesawat ulang alik.

Selain itu kendaraan ini juga dapat membawa muatan yang lebih banyak dengan total berat 27 ton. Roket ini merupakan kendaraan yang akan dilincurkan pada program Artemis.

Program ini adalah milik NASA yang berencana untuk kembali mendaratkan manusia ke Bulan. Program Artemis sendiri rencananya akan dijalankan dalam waktu dekat.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)