3 Cacing Pita Terpanjang di Dunia, Nomor 2 Capai 25 Meter

Selasa, 06 September 2022 - 13:31 WIB
loading...
3 Cacing Pita Terpanjang di Dunia, Nomor 2 Capai 25 Meter
Sedikitnya ada tiga jenis cacing pita terpanjang di dunia yang bisa diketahui. Foto DOK KlikDokter
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga jenis cacing pita terpanjang di dunia yang bisa diketahui. Cacing pita merupakan salah satu jenis parasit yang terdapat di dalam sistem pencernaan makhluk hidup seperti sapi, babi dan bahkan manusia .

Cacing pita yang berada di dalam manusia disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terdapat larva cacing pita. Larva ini bila tertelan, akan tumbuh di dalam sistem pencernaan inangnya.

Baca juga : Cacing Pita Sepanjang 8 Meter Hidup di Dalam Otak Pria AS Ini

Melansir dari situs britanica, cacing pita yang juga disebut cestoda masuk ke dalam kelas invertebrata Cestoda (filum Platyhelminthes). Cacing pipih parasit ini memiliki sekitar 5.000 spesies.

Ukuran masing masing spesies juga beragam, mulai dari sekitar 1 mm (0,04 inci) hingga lebih dari 15 m (50 kaki). Dari beberapa spesies ini terdapat beberapa jenis yang dapat mencapai ukuran fantastis.

Berikut tiga cacing pita terpanjang di dunia seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Cacing Pita Sapi (Taenia Saginata)

Taenia Saginata biasa menyerang sapi yang ada di seluruh dunia terutama di peternakan yang berada di daerah tropis dan subtropis seperti Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

Dilansir dari merckmanuals.com, Larva cacing ini hanya memerlukan waktu dua bulan untuk menjadi cacing dewasa yang dapat hidup selama beberapa tahun. Cacing pita dewasa ini dapat mencapai panjang sekitar 4 sampai 12 meter.

Namun ada pula yang dapat mencapai 25 meter. Cacing pita ini biasanya menyebabkan gejala pencernaan ringan pada inangnya seperti mual, perut kembung, diare hingga nyeri di bagian perut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)