Cacing Pita Sepanjang 8 Meter Hidup di Dalam Otak Pria AS Ini

Senin, 15 November 2021 - 07:03 WIB
loading...
Cacing Pita Sepanjang 8 Meter Hidup di Dalam Otak Pria AS Ini
Cacing pita ditemukan hidup di dalam otak seorang pria. FOTO/ IIST
A A A
NEW YORK - Kasus medis aneh dialami seorang pria berusia 38 tahun yang dilaporkan sehat sebelumnya menderita kejang yang disebabkan oleh cacing pita sepanjang 8 meter hidup selama 20 tahun di otaknya.

Seperti dilansir dari Daily Star Minggu (14/11/2021), suatu hari pria itu jatuh dari tempat tidur dan mengalami kejang sebelum dilarikan ke Rumah Sakit Umum Massachusetts Amerika Serikat.



Dokter melihat pria itu mengalami kejang tonik-klonik selama dua menit yang membuatnya tidak sadarkan diri.

Dokter harus melakukan penyelidikan dengan beberapa tes dan wawancara riwayat pasien dengan anggota keluarga.

Namun, mereka menemukan pria itu benar-benar sehat dan tidak memiliki riwayat kejang atau gangguan kardiovaskular, pernapasan, atau neurologis.

Satu-satunya tanda diagnosis yang mungkin adalah bahwa pria itu pernah berimigrasi ke Boston dari pedesaan Guatemala, 20 tahun yang lalu.

Sebuah studi oleh CDC menjelaskan penyakit pria itu terkait dengan cacing pita dari Afrika, Asia dan Amerika Latin yang menyebabkan kejang dan dapat menyebabkan kematian.

Ketika computed tomography (CT scan) scan dilakukan di kepala, dokter mendiagnosis neurocysticercosis, penyakit saraf yang terjadi ketika beberapa jenis cacing pita parasit menyerang sistem saraf pusat.

Cacing pita ditemukan telah berpindah ke berbagai bagian otaknya selama beberapa tahun terakhir.

Cacing pita sendiri dapat tumbuh sepanjang dua sampai delapan meter dan menembus dinding usus dan bergerak di dalam tubuh manusia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)