Ratu Elizabeth II Meninggal, Masalah Berlian Kohinoor 105 Karat Diungkit Kembali

Sabtu, 10 September 2022 - 14:08 WIB
loading...
Ratu Elizabeth II Meninggal, Masalah Berlian Kohinoor 105 Karat Diungkit Kembali
Setelah Ratu Elizabeth II meninggal, masalah kepemilikan berlian Kohinoor seberat 105 karat dari abad ke-14 diungkit Kembali. Foto/financialexpress
A A A
LONDON - Setelah Ratu Elizabeth II meninggal, masalah kepemilikan berlian Kohinoor seberat 105 karat dari abad ke-14 diungkit kembali. Berlian Kohinoor, yang berarti Gunung Cahaya, ditemukan di India selatan selama abad ke-14.

Berlian Kohinoor adalah subjek perselisihan antara berbagai negara. Setidaknya empat negara, termasuk India, mengklaim kepemilikan berlian tersebut. Berlian itu diserahkan kepada Ratu Victoria setelah aneksasi Inggris atas Punjab pada tahun 1849.

Setelah kematian Ratu, putranya Pangeran Charles menjadi raja Inggris yang baru. Berlian 105 karat itu akan diberikan kepada istrinya, Camilla, yang kini menjadi Permaisuri. Namun, beberapa orang di Twitter menuntut pengembalian berlian itu.

Baca juga; 4 Artefak Terkenal yang Dicuri dan Ditampilkan di Museum

Misalnya salah satu pengguna Twitter, Asish Razzaq memposting pesan yang mengungkapkan kesedihannya atas kematian ratu. Dikutip SINDOnews dari laman financialexpress, Sabtu (10/9/2022), dia juga bertanya-tanya apakah berlian Kohinoor akan dikembalikan.

Menurut Survei Arkeologi India, berlian itu diberikan kepada Ratu Inggris oleh Maharaja Lahore. Pemerintah India, dalam argumen Mahkamah Agungnya, menyatakan bahwa berlian itu tidak dicuri atau diberikan kepada Perusahaan India Timur oleh Inggris.

Berlian Itu diduga diberikan kepada perusahaan oleh mantan penguasa Punjab. Shashi Tharoor mencatat bahwa berlian itu pernah disebut-sebut sebagai berlian terbesar di dunia, dengan berat 793 karat atau 158,6 gram.

Baca juga; Langka, Berlian Biru Terbesar Ini Dihargai Rp687,4 Miliar

Berlian Kohinoor dianggap sebagai harta yang sangat berharga karena diyakini pertama kali ditambang di Guntur di India pada abad ke-13 oleh dinasti Kakatiya. Diperkirakan ukurannya, aslinya 158 karat dan telah dipangkas menjadi 105 karat selama berabad-abad.

Berlian Kohinoor beberapa kali berpindah tangan, melintasi kekaisaran Mughal dan akhirnya Afghanistan, sampai akhirnya diserahkan kepada penyerbu Persia yang dikenal sebagai Nadir Shah. Diyakini bahwa berlian itu diberi nama Kohinoor oleh bangsa Persia.
Ratu Elizabeth II Meninggal, Masalah Berlian Kohinoor 105 Karat Diungkit Kembali
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0992 seconds (10.55#12.26)