Harga Berlian Kohinoor dan Sejarah Kelamnya, Tembus Rp171 Triliun?

Senin, 12 September 2022 - 14:50 WIB
loading...
Harga Berlian Kohinoor dan Sejarah Kelamnya, Tembus Rp171 Triliun?
Berlian Kohinoor menjadi salah satu batu paling berharga di dunia. Foto: ist
A A A
INDIA - Berlian Kohinoor adalah salah satu berlian termahal di dunia. Berlian ini memiliki bentuk oval dengan berat bersih sekitar 105,6 karat. Tapi, yang menarik adalah misteri dan legenda dibalik berlian yang diyakini berasal dari Tambang Kollur, India.

Sebelum dipangkas menjadi 105,6 karat selama berabad-abad, berlian kohinoor dianggap sebagai salah satu harta paling berharga. Sebab, diyakini ada pada abad ke-13 oleh dinasti Kakatiya ukuran aslinya adalah 158 karat.

Menurut kepercayaan Hindu, berlian Kohinoor sering dipuja oleh banyak dewa. Sedangkan menurut sejarawan Anita Anand dan William Dalrymple, banyak sekali cerita simpang siur mengenai batu berlian ini.

Sampai akhirnya, kedua sejarawan ini menelusuri empat abad sejarah India untuk mempelajari kebenaran tentang berlian Kohinoor.

Harga Berlian Kohinoor dan Sejarah Kelamnya, Tembus Rp171 Triliun?

Fakta menariknya, meski saat ini sudah terpasang di mahkota Ratu Elizabeth II, banyak sekali pihak yang mengklaim kepemilikannya. Dari India, Pakistan sampai Taliban.
Seorang Pemimpin Kongress Shasi Tharoor mempercayai jika berlian itu tetap berada di Inggris, maka hal ini menjadi bukti bahwa telah terjadinya penjarahan dan penyelewengan kolonialisme.

Pada 1947, pemerintah India menuntut pengembalian berlian Kohinoor tersebut. Namun pemerintah Inggris selalu menolak.

Sampai akhirnya, William Dalrymple menemukan bahwa ada pewaris bernama Ranjit Singh dan Duleep Singh yang memberikan berlian itu sendiri kepada Ratu Victoria dan membenci keputusannya untuk menyerahkan sebagian dari perjanjian yang ia tandatangani.

Lalu pada 2010, Perdana Menteri Inggris David Cameron, dalam kunjungannya ke India menyatakan bahwa berlian itu telah dikembalikan. Itu artinya, berlian itu akan dikeluarkan dari British Museum. David Cameron juga menyakinkan bahwa Kohinoor tidak dicuri.

Sebagai Menteri Kebudayaan, Mahesh Sharma mengesampingkan kemungkinan mengenai berlian tersebut. Ia berkata bahwa isu tersebut bukan sesuatu hal baru dan sudah ada sejak zaman Pra-kemerdekaan.

Berbicara mengenai harga berlian Kohinoor, mengutip perkataan selir dari Raja Nadir Shah, ”jika ada seseorang yang bisa melemparkan batu dari sudut mata angin yang berbeda, kemudian hasil lemparan mereka itu akan membentuk sebuah ruangan. Ruangan dari seluruh mata angin tersebut diisi oleh emas, berlian dan barang mewah lainnya, maka itulah harga yang pantas untuk berlian Kohinoor,”.

BACA JUGA: LG Pamerkan TV OLED 42 Inci Pertama yang Dapat Ditekuk

Dari ungkapan tersebut bisa dipastikan bahwa gambaran untuk harga berlian kohinoor memang luar biasa mahal dan mematok harga kisaran USD 10 miliar-USD12 miliar atau setara dengan Rp171 triliun. Itulah sejarah mengenai berlian Kohinoor beserta dengan harganya.

MG / Khansa Novriandra
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1914 seconds (11.210#12.26)