Terungkap, Berlian Misterius Paling Kuat di Dunia Ternyata Datang dari Luar Angkasa

Rabu, 14 September 2022 - 06:00 WIB
loading...
Terungkap, Berlian Misterius Paling Kuat di Dunia Ternyata Datang dari Luar Angkasa
Berlian Lonsdaleite ternyata terbentuk saat berada di luar angkasa. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Lonsdaleite, berlian misterius paling kuat di dunia yang ditemukan pada 1891 akhirnya terungkap asal-usulnya. Berlian itu ternyata bukan datang dari bumi.

Berlian yang memiliki struktur heksagonal terkuat di dunia itu diketahui pertama kali ditemukan oleh peneliti Inggris, Kathleen Lonsdale. Saat ditemukan banyak yang mengira berlian tersebut merupakan berlian yang terbentuk secara alamiah dari bumi.

Umumnya berlian terbentuk pada lapisan dalam bumi dengan panas dan tekanan yang sangat tinggi kemudian muncul ke permukaan bumi bersama lava dari letusan gunung berapi. Berlian tercipta jauh sebelum dinosaurus ada di bumi dan beberapa berlian bahkan lebih tua daripada bintang-bintang di langit.

Namun Lonsdaleite sangat berbeda dengan berlian-berlian yang ada di bumi. Kekuatannya membuat banyak ilmuwan bertanya-tanya mengenai asal-usul berlian tersebut. Selain itu Lonsdaleite memiliki struktur heksagonal yang sangat jauh berbeda dengan struktur kubik yang biasa ditemukan di berlian-berlian hasil proses alami bumi.

Baca juga : 5 Mobil Produksi Inggris Ini Popular di Indonesia tapi Sudah Dikuasai Perusahaan Negara Lain

Terungkap, Berlian Misterius Paling Kuat di Dunia Ternyata Datang dari Luar Angkasa


Hal itu yang menggerakkan sekelompok ilmuwan dari Monash University, RMIT University, CSIRO, The Australian Synchrotron dan Plymouth University mencari tahu bagaimana berlian misterius itu terbentuk. Dari penelitian itu diketahui Lonsdaleite ternyata bukan berlian yang dibentuk di bumi. Alih-alih berlian itu datang dari luar angkasa .

Dalam penelitian yang mereka publikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) disebutkan Lonsdaleite terbentuk akibat peristiwa tabrakan antara planet kecil kuno yang ada di tata surya dengan asteroid berukuran besar.

Tabrakan yang terjadi 4,5 miliar tahun lalu itu kemudian diiringi dengan proses pembentukan berlian Lonsdaleite. Analisa itu diperkuat dengan temuan baru yang didapat oleh tim peneliti berupa Lonsdaleite yang ada meteorit ureilite dari mantel planet kecil kuno itu.

Baca juga : Pengakuan Konsumen, Pajak Tahunan Mobil Listrik Wuling Air ev Cuma Rp500.000
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1435 seconds (10.55#12.26)