4 Astronot China Paling Terkenal di Dunia, 2 Diantaranya Taikonot Wanita

Jum'at, 16 September 2022 - 17:03 WIB
loading...
4 Astronot China Paling Terkenal di Dunia, 2 Diantaranya Taikonot Wanita
Terdapat empat astronot China paling terkenal yang perlu diketahui. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat astronot China paling terkenal yang perlu diketahui. Astronot merupakan sebutan bagi orang yang telah menjalani pelatihan khusus dan menjalankan perjalanan ke luar angkasa dalam berbagai misi yang telah ditentukan.

China sendiri menjulukinya sebagai Taikonot. Adapun istilah ini diambil dari kata Taikong yang berarti luar dalam bahasa China. Dalam sejarahnya, tercatat ada beberapa taikonot China yang menjalankan berbagai misi di luar angkasa.

Baca juga : Luar Angkasa Berbahaya untuk Kesehatan, Masih Minat Jadi Astronot?

Berikut empat astronot China paling terkenal yang telah menempuh berbagai misi di luar angkasa.

1. Yang Liwei

Yang Liwei merupakan astronot China pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh Chinese Space Program. Dikutip dari Britannica, pria kelahiran 21 Juni 1965 ini mendaftar di Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) pada 1983. Kala itu, dia terpilih untuk masuk perguruan tinggi penerbangan Angkatan Udara PLA.

Lulus pada 1987, Yang Liwei menjadi pilot pesawat tempur dengan sekitar 1.350 jam terbang. Pada 1998, dia mejadi salah satu orang yang terpilih untuk mengikuti pelatihan astronot dalam program penerbangan luar angkasa berawak China.

Dikutip dari laman Pantheon, pada Oktober 2003 Yang Liwei menjadi orang pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh China dalam misi Shenzhou 5. Hal ini menjadikan Negeri Tirai Bambu sebagai negara ketiga yang secara mandiri mengirim astronotnya ke luar angkasa.

2. Wang Yaping

Wang Yaping merupakan taikonot wanita China yang sukses melakukan misi berjalan di luar angkasa. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, wanita kelahiran 1980 ini turut serta dalam misi luar angkasa Shenzhou-13.

Atas capaian ini, Wang Yaping menjadi wanita ke-16 dalam sejarah yang melakukan misi space walk dan menjadi taikonot wanita kedua di China. Saat tergabung dalam tim Shenzhou-13, dia bersama beberapa taikonot lain menjalankan misi di luar angkasa selama enam bulan.

3. Zhai Zhigang

Astronot China paling terkenal berikutnya adalah Zhai Zhigang. Dikutip dari laman Pantheon,pria kelahiran 10 Oktober 1966 ini merupakan seorang mayor Jenderal China yang berdinas aktif sebagai Korps Astronout Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAC).

Selama misi Shenzhou 7 pada tahun 2008, dia menjadi warga negara China pertama yang melakukan perjalanan ruang angkasa atau spacewalk. Dalam riwayatnya, Zhai Zhigang bergabung bersama PLA dan masuk ke Institut Penerbangan Angkatan Udara dan menjadi pilot pesawat tempur.

Pada tahun 1998, dia terpilih menjadi salah satu orang yang mengikuti pelatihan astronot untuk program Spaceflight berawak China. Pada tahun 2003, dia menjadi kandidat terakhir untuk menjadi pilot Shenzhou 5 dan menjadi cadangan bagi astronot Yang Liwei.

Baca juga : Astronot NASA Tangkap Cahaya Misterius di ISS

4. Liu Yang

Liu Yang merupakan seorang pilot transportasi militer China serta taikonot yang pernah bertugas dalam misi luar angkasa Shenzhou 9. Dikutip dari laman Britannica, wanita kelahiran 6 Oktober 1978 ini sebelumnya bergabung dengan PLA pada 1997 dan belajar terbang di Changchun No.1 Flight College.

Pada perkembangannya, Liu Yang menjadi bagian dari korps astronot pada tahun 2010. Dia melaksanakan misi luar angkasa pada 16 Juni 2012 dengan dua anggota awak lainnya dalam Shenzhou 9.

Adapun kala itu, Liu Yang bertanggung jawab atas eksperimen medis selama misi berlangsung. Setelahnya, dia melakukan penerbangan kedua pada 5 Juni 2022 sebagai bagian dari misi Shenzhou 14.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2968 seconds (0.1#10.140)