Mengerikan, China Bikin Rudal Supersonik Anti-Kapal yang Bisa Terbang dan Menyelam

Selasa, 20 September 2022 - 22:03 WIB
loading...
Mengerikan, China Bikin Rudal Supersonik Anti-Kapal yang Bisa Terbang dan Menyelam
China kembali membuat heboh dunia setelah diketahui sedang mengembangkan rudal supersonik anti-kapal yang mampu menyelam di bawah air seperti torpedo. Foto/YouTube/BulgarianMilitary
A A A
BEIJING - China kembali membuat heboh dunia setelah diketahui sedang mengembangkan rudal supersonik anti-kapal yang mampu menyelam di bawah air seperti torpedo. Ketika terbang rudal sepanjang 5 meter ini melesat 2,5 kali kecepatan suara dan saat menyelam bergerak 100 meter per detik.

Rudal supersonik anti-kapal yang dikembangkan China, menurut South China Morning Post, beroperasi dengan cara yang unik karena mempu menjelajahi dua media berbeda, udara dan air. Rudal ini ditembakkan dari kapal atau pesawat sehingga melaju 2,5 kali kecepatan suara pada ketinggian 10 Kilometer (Km).

Setelah terbang sejauh 10 Km, rudal kemudian beralih ke mode menyelam dan meluncur ke target seperti torpedo. Di bawah air rudal mampu meluncur sejauh 20 km dan bergerak dengan kecepatan 100 meter per detik atau 200 knot.

Baca juga; Beijing Kuasai Laut China Selatan dengan Teknologi Komunikasi Bawah Air, Ini Kecanggihannya

Selain itu, rudal dapat mengubah arah atau menyelam tajam hingga kedalaman 100 meter, jika perlu, untuk menghindari sistem pertahanan bawah air tanpa kehilangan kecepatan. Dengan membentuk gelembung udara raksasa di sekitarnya, secara signifikan mengurangi hambatan.

Masalah utama yang dihadapi oleh para ilmuwan adalah penciptaan pembangkit listrik yang mampu memberikan daya dorong rudal ketika di udara maupun di bawah air. Menurut para ilmuwan, masalah ini dapat diselesaikan dengan bantuan zat kimia boron, yang secara aktif bereaksi di udara dan air, dengan melepaskan sejumlah besar panas.
Mengerikan, China Bikin Rudal Supersonik Anti-Kapal yang Bisa Terbang dan Menyelam


Li Pengfei, ilmuwan pemimpin program ini, mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada sistem pertahanan kapal yang dibuat untuk menahan serangan “lintas media” yang begitu cepat. Kemampuan rudal anti-kapal yang terbang supersonik dan menyelam seperti torpedo secara signifikan akan meningkatkan daya penetrasi rudal.

Baca juga; Temukan Mineral Baru di Bulan, China Sudah Sejajar Rusia dan AS

Diketahui, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat sudah menggunakan YJ-12, rudal jelajah supersonik anti-kapal. Ini adalah rudal yang diluncurkan dari udara yang menyerupai rudal Kh-31 krypton, bedanya pada ukuran yang lebih panjang.

Menurut sumber China, YJ-12 memiliki kecepatan sekitar Mach 2 jika diluncurkan dari ketinggian rendah dan Mach 3,2 jika diluncurkan dari ketinggian, dengan jangkauan maksimum sekitar 380 km, tergantung pada peluncuran ketinggian; ketinggian serangan terminal adalah 15 meter. Dalam artikel September 2014 yang diterbitkan di Joint Forces Quarterly, rudal tersebut diklaim memiliki jangkauan hingga 250 km dan kecepatan Mach 2.5.
Mengerikan, China Bikin Rudal Supersonik Anti-Kapal yang Bisa Terbang dan Menyelam


Pada Februari 2015, pakar militer Li Li mengklaim YJ-12 memiliki hulu ledak 400–500 kg dan jangkauan 300 km saat melaju dengan kecepatan Mach 3 atau 400 km per jam. Dengan kecepatan Mach 4, YJ-12 juga dapat melakukan manuver mengelak untuk menghindari ancaman pertahanan anti-rudal.

Baca juga; Penampakan Foto Satelit, China Segera Luncurkan Kapal Induk Baru Tipe 003

Rudal YJ-12 telah diuji coba dari pesawat pengebom Xian H-6 dan akan dipasang di JH-7B. Kabarnya, rudal YJ-12 juga dapat diluncurkan dari J-10, Su-30MKK, J-11, dan J-16. Untuk kapal perang, rudal itu melengkapi kapal perusak Type 051B dan kapal perusak kelas Sovremenny.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1714 seconds (11.252#12.26)