Penampakan Foto Satelit, China Segera Luncurkan Kapal Induk Baru Tipe 003

Rabu, 15 Juni 2022 - 19:07 WIB
loading...
Penampakan Foto Satelit, China Segera Luncurkan Kapal Induk Baru Tipe 003
Kapal induk terbaru dan tercanggih milik China yang dikenal dengan Tipe 003, tampaknya bakal segera diluncurkan. Foto/The War Zone/Planet Labs
A A A
BEIJING - Kapal induk terbaru dan tercanggih milik China yang dikenal dengan Tipe 003, tampaknya bakal segera diluncurkan. Indikasi ini terlihat dari kondisi dermaga (dok) kering, tempat pembuatan kapal induk Tipe 003 dibangun, yang mulai diisi air.

Kapal induk baru China yang sangat dinanti peluncurannya terlihat dalam tangkapan citra satelit terbaru sudah dipersiapakan dan dermaga keringnya yang sudah terisi air. Dikutip dari laman The War Zone foto satelit ini diperoleh dari Planet Labs yang diambil pada pukul 07:21 Coordinated Universal Time (UTC) pada 14 Juni, atau 15:21 waktu setempat di Shanghai.

Dari citra satelit menunjukkan kapal induk Tipe 003, masih menjalani tahap akhir konstruksi di Shanghai, di dok kering yang sekarang terendam banjir. Dekorasi di ketapel (sistem pelontar pesawat), bersama dengan bendera yang digantung di Island (pusat komando kapal induk) dan di sisinya, serta sepanjang dek penerbangan, terlihat jelas.

Baca juga; Terungkap, Kapal Induk Type 003 China Nyaris Sebanding Kapal Induk Terbaru AS

Persiapan ini mirip dengan apa yang telah diamati pada peluncuran kapal induk China dan kapal perang besar lain, sebelumnya. Namun, kapan tanggal pasti peluncuran kapal induk Tipe 003, yang konstruksinya dimulai di Galangan Kapal Jiangnan pada pertengahan 2010-an, masih menjadi spekulasi besar.

Collin Koh, seorang peneliti di S. Rajaratnam School of International Studies, bagian dari Universitas Teknologi Nanyang Singapura, melalui akun Twitter mengatakan, kemungkinan tanggal baru untuk peluncuran Type 003, adalah 15 Juni. Kebetulan itu adalah hari ulang tahun Presiden China Xi Jinping, jadi peluncuran kapal induk ini bakal menjadi "hadiah yang sangat tepat."

Kapal induk Tipe 003 adalah inti utama dari pemerintah China untuk memperluas dan meningkatkan kemampuan militernya secara keseluruhan. Kapal induk ini memiliki desain canggih Catapult-assisted take-off barrier arrest recovery (CATOBAR) yang secara fundamental berbeda dari dua kapal induk Angkatan Laut China yang sudah ada.

Baca juga; Insiden Taburan Suar Inframerah dan Sekam, Jet J-16 China Bikin Poseidon Australia Kelilipan

Selain menggunakan sistem peluncuran ketapel yang menggunakan tenaga uap, kapal induk Tipe 003 dilaporkan memiliki fitur sistem peluncuran pesawat elektromagnetik (EMALS). Dari citra satelit, kapal induk Tipe 003 terlihat memiliki tiga sistem peluncuran ketapel.
Penampakan Foto Satelit, China Segera Luncurkan Kapal Induk Baru Tipe 003


Hingga saat ini, hanya kapal induk kelas Ford Angkatan Laut AS yang memiliki fitur peluncuran EMALS. Sistem peluncuran EMALS, menawarkan berbagai keuntungan, termasuk meningkatkan peluncuran yang lebih cepat dan membantu mengurangi keausan pada pesawat.

Penting untuk dicatat bahwa, bahkan setelah diluncurkan, kapal induk Tipe 003 kemungkinan masih perlu waktu beberapa tahun lagi untuk memasuki layanan operasional secara penuh. Perpindahan ke konsep operasi CATOBAR untuk peluncuran pesawat tempur merupakan perubahan besar yang membutuhkan waktu untuk menyempurnakannya.

Sebab, pada dua kapal induk lainnya, yaitu Tipe 001 Liaoning dan Tipe 002 Shandong, menggunakan sistem ski jump dengan memanfaatkan dek penerbangan yang mencuat lebih maju . Militer AS baru-baru ini mengatakan secara terbuka dipekirakan kapal induk Tipe 003 itu mulai beroperasi pada tahun 2024.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1377 seconds (11.252#12.26)