Tank Paling Canggih Rusia T-90M Jatuh ke Tangan Ukraina, Jeroannya Dipreteli Intelijen Sekutu

Rabu, 21 September 2022 - 16:34 WIB
loading...
Tank Paling Canggih Rusia T-90M Jatuh ke Tangan Ukraina, Jeroannya Dipreteli Intelijen Sekutu
Tank paling canggih Rusia, T-90M Proryv-3, jatuh ke tangan Ukraina setelah ditinggalkan krunya di wilayah Kharkiv Oblast. Foto/Military Watch Magazine/Bulgarian Military
A A A
KIEV - Tank paling canggih Rusia , T-90M Proryv-3, jatuh ke tangan Ukraina setelah ditinggalkan krunya di wilayah Kharkiv Oblast. Satu unit tank T-90M yang jatuh ke pasukan Ukraina masih dalam keadaan utuh dan ditutupi dengan suite Nakidka.

Tampaknya ini merupakan pertama kalinya kendaraan tempur top-of-the-line ini diakuisisi oleh pasukan Ukraina sejak serangan Rusia pada Februari 2022. Memperoleh tank terbaru dan paling canggih merupakan rezeki bagi intelijen Ukraina dan sekutu mereka, NATO.

Ada kemungkinan besar bahwa T-90M ini pada akhirnya akan sampai ke tangan sekutu NATO untuk dieksploitasi jeroannya oleh intelijen. “T-90M Proryv adalah penemuan nyata bagi mitra barat Ukraina,” tulis laman Bulgarian Military yang dikutip SINDOnews, Rabu (21/9/2022).

Baca juga; Pengebom Su-34 Rusia Hancurkan Bengkel Senjata Ukraina dengan Rudal Kh-29

UralVagonZavod terus memproduksi sejumlah tank T-90M dan mengirimkannya ke Distrik Militer Barat Federasi Rusia. T-90M Proryv adalah tank terbaik di tentara Rusia saat ini yang dikerahkan selama perang dengan Ukraina

Jatuhnya tank paling canggih milik Rusia, tentu membuat NATO dan Amerika Serikat (AS) akan dapat mempelajari sistem pengendalian tembakan Kalina yang baru. Yang juga menarik adalah sistem perlindungan aktif Afghanit dan armor reaktif Relikt.
Tank Paling Canggih Rusia T-90M Jatuh ke Tangan Ukraina, Jeroannya Dipreteli Intelijen Sekutu


Beberapa foto eksterior dan interior T-90M telah dipublikasikan di media sosial, termasuk oleh Kementerian Pertahanan Ukraina pada 19 September 2022, yang menyatakan bahwa tank itu “ditemukan di wilayah Kharkiv dalam kondisi sempurna.” Secara keseluruhan, dari Tank T-90M ini dapat diperoleh beberapa data yang sangat menarik tentang kemampuan tank yang sangat modern ini, dan subsistemnya.

Baca juga; 6 Bulan Baku Hantam, 970 Tank Rusia Hancur dan 18.000 Tentara Ukraina Gugur

Rusia menyebutkan teknologi tank itu sangat dekat dengan T-14 Armata, yang seharusnya menjadi tank terbaik di dunia menurut para ahli Rusia. Namun, produksi serialnya masih mengalami masalah. Nah, Tank T-90M memiliki paket komunikasi dan komando yang sama dengan T-14. Itulah sebabnya sistem komunikasi digital tank akan menarik bagi Sekutu.

Rusia berencana untuk mengakuisisi setidaknya 500 tank seri T-90M Proryv. Tank ini dilengkapi dengan meriam smoothbore 2A46M-5 125 mm dengan 43 peluru. Tank T-90M mulai beroperasi pada tahun 2020, April.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2092 seconds (11.97#12.26)