Fenomena Alam Unik, Danau Asam Bersuhu 45 Derajat Celcius Ini Berada di Puncak Gunung Salju

Kamis, 22 September 2022 - 22:00 WIB
loading...
Fenomena Alam Unik, Danau Asam Bersuhu 45 Derajat Celcius Ini Berada di Puncak Gunung Salju
Danau hidrotermal yang sangat asam, dikenal sebagai Danau Kawah, dilihat dari puncak Gunung Ruapehu, salah satu gunung berapi stratovolcano aktif. Foto/NASA Earth Observatory/Live science
A A A
WELLINGTON - Foto satelit yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) merekam fenomena alam unik berupa penampakan danau asam di atas puncak gunung yang berselimut salju . Danau asam ini dikenal sebagai Danau Kawah yang berada di atas 'Gunung Doom' di Taman Nasional Tongariro di pulau utara Selandia Baru.

Seorang astronot tak dikenal, yang merupakan bagian dari kru Ekspedisi 65 di ISS, mengambil foto baru yang menakjubkan pada 23 September 2021, saat ISS melewati gunung berapi itu. Gambar itu dirilis online 18 September 2022 oleh Observatorium Bumi NASA.

Danau asam yang dikenal sebagai Danau Kawah, atau Te Wai a-moe merupakan danau hidrotermal di puncak Gunung Ruapehu, berada di antara tiga puncak utama gunung, yang tertinggi mencapai 2.797 meter di atas permukaan laut. Sebuah ruang magma yang berada jauh di dalam gunung berapi membuat air danau ini panas.

Baca juga; Jadi Ketakutan Dunia, SROCC Ungkap Air Laut di Indonesia Terancam Jadi Asam

Hasilnya, suhu danau berfluktuasi antara 15 dan 45 derajat Celcius. “Danau ini juga sangat asam, dengan pH kurang dari 1, karena sejumlah besar gas vulkanik yang larut dalam air,” keterangan Earth Observatory dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (22/9/2022).

Gunung Ruapehu, merupakan gunung berapi aktif terbesar di Selandia Baru dan latar yang digunakan untuk membuat film Gunung Doom dalam film "The Lord of the Rings". Danau Kawah penting bagi ahli geologi yang memantau tingkat ancaman gunung berapi.

Danau hidrotermal adalah satu-satunya bagian yang dapat diakses dari sistem vulkanik untuk dipelajari oleh para peneliti. Fluktuasi suhu yang cepat dalam air dapat mencerminkan perubahan aktivitas di bawah puncak gunung berapi yang bersalju.

Baca juga; Tanda-tanda Alam ketika Gunung Berapi Akan Meletus
Fenomena Alam Unik, Danau Asam Bersuhu 45 Derajat Celcius Ini Berada di Puncak Gunung Salju


Pada bulan Juni, tingkat siaga untuk Gunung Ruapehu meningkat menyusul segerombolan gempa kecil di bawah gunung berapi. Selama waktu ini, suhu air di Danau Kawah meningkat tajam hingga mencapai suhu puncak 40 derajat Celcius.

Tetapi tingkat siaga diturunkan pada bulan Juli setelah suhu air turun menjadi 24 derajat Celcius. Berdasarkan perubahan suhu di danau, para ahli percaya lonjakan aktivitas adalah hasil dari intrusi magma singkat di ruang bawah gunung berapi.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1705 seconds (10.177#12.26)