Diguncang Gempa 5,5 M, Lempeng Tektonik Terbesar di Selat Sunda Kembali Aktif

Minggu, 09 Oktober 2022 - 19:09 WIB
loading...
Diguncang Gempa 5,5 M, Lempeng Tektonik Terbesar di Selat Sunda Kembali Aktif
Lempeng Tektonik Terbesar di Selat Sunda Kembali Aktif usai diguncang gempa 5,5 m di Bayah. FOTO/ IST
A A A
BANTEN - Gempa bumi 5,5 Magnitudo yang berpusat di Bayah Banten dan guncangaanya dirasakan hingga Jakarta hari ini, Minggu (9/10/2022) bukanlah yang pertama. Tercatat dalam tahun 2022 ini sudah terjadi 3 kali gempa di lokasi tersebut.



Bayah yang berada di Selat Sunda sendiri merupakan sumber gempa bumi zona penunjaman Selat Sunda dan Jawa Barat saat ini sedang aktif hal ini tertulis di situs resmi vsi.esdm.

Hal ini dibuktikan dengan serangkaian kejadian gempa bumi mulai tanggal 14 Januari 2022 dengan magnitudo (M 6,7) yang mengakibatkan bencana di Provinsi Banten, hingga kejadian gempa bumi tanggal 16 Maret 2022 dengan magnitudo (M 5,5).

Zona penunjaman merupakan salah satu sumber gempa bumi utama di Indonesia yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng samudera Indo-Australia dan lempeng benua Eurasia sekitar 65 juta tahun yang lalu di wilayah Indonesia bagian barat dan masih aktif hingga kini.

Selain di barat Sumatera dan selatan Jawa, zona penunjaman terdapat di utara Sulawesi, timur Sulawesi Utara dan barat Halmahera, timur laut Halmahera dan Morotai dan utara Papua.

Zona penunjaman terbagi menjadi zona megathrust yaitu zona penunjaman pada bagian atas dengan kedalaman kurang dari 40 km, dan zona intraslab dengan penunjaman pada kedalaman lebih dari 40 km.

Zona penunjaman yang membentang mulai dari barat Pulau Sumatera, selatan Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara dikenal sebagai busur Sunda.

Zona penunjaman Busur Sunda yang terletak di selatan Selat Sunda, Banten dan Jawa Barat saat ini sedang aktif yang dibuktikan dengan sering terjadi gempa bumi.

Gempa bumi yang terjadi di Bayah bersumber dari zona interface yang merupakan bidang gesek bagian atas antara lempeng samudera Indo-Australia dan lempeng benua Eurasia.

Zona penunjaman pada busur Sunda terutama yang terletak di selatan Selat Sunda, Banten dan Jawa Barat saat ini sedang aktif ditandai dengan beberapa kejadian gempa bumi.

Gaya tektonik yang bekerja pada daerah ini diperkirakan sedang pada tahapan untuk pelepasan energi yang ditandai sering terjadianya gempa bumi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)