Pesawat Supersonik Komersial Bertenaga Nuklir Diperkenalkan

Senin, 10 Oktober 2022 - 11:50 WIB
loading...
Pesawat Supersonik Komersial Bertenaga Nuklir Diperkenalkan
Pesawat bertingkat ini diharapkan mampu mengangkut hingga 250 penumpang dengan kecepatan hingga 3.701 kilometer per jam dan pada ketinggian 18.288 meter di udara. FOTO/ IST
A A A
MADRID - Seorang desainer Spanyol memperkenalkan konsep pesawat supersonik komersial bertenaga nuklir untuk mempersingkat perjalanan jarak jauh.

Seperti dilansir dari The Sun Senin (10/10/2022), Oscar Vinals, mengungkapkan desain pesawat Flash Falcon yang ditargetkan mulai terbang komersial pada dekade berikutnya.



Pesawat bertingkat ini diharapkan mampu mengangkut hingga 250 penumpang dengan kecepatan hingga 3.701 kilometer per jam dan pada ketinggian 18.288 meter di udara.

Kecepatan tersebut dikatakan mampu memangkas waktu penerbangan dari London ke Australia menjadi hanya empat jam.

Terakhir kali penumpang menikmati penerbangan supersonik komersial adalah pada tahun 2003 ketika pesawat Concorde berhenti beroperasi setelah 27 tahun beroperasi.

Konsep Flash Falcon yang diproduksi oleh Vinals mengungkapkan kenyamanan, kecepatan, dan efisiensi pesawat supersonik generasi berikutnya.

Ia yakin pesawat tersebut dapat diterbangkan pada tahun 2030 dan berharap kemajuan teknologi akan membuatnya terjangkau, tenang dan bersih lingkungan.

Meski desainnya masih dalam tahap hipotetis, Vinals berharap dapat memperkenalkan konsep realistis untuk pesawat berkecepatan tinggi dalam waktu dekat.

"Saya percaya bahwa dalam waktu dekat, penerbangan supersonik akan kembali tetapi dengan teknologi dan kemajuan dari abad ke-21," katanya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)