Tank Terbaru Rusia T-14 Sudah Terlihat di Medan Perang Ukraina

Senin, 10 Oktober 2022 - 17:49 WIB
loading...
Tank Terbaru Rusia T-14 Sudah Terlihat di Medan Perang Ukraina
Tank tempur utama terbaru milik Rusia T-14 dikabarkan sudah terlihat di Luhansk pada 8 Oktober 2022. Foto/MilitaryWatchMagazine
A A A
MOSKOW - Tank tempur utama terbaru milik Rusia T-14 dikabarkan sudah terlihat di Luhansk pada 8 Oktober 2022. Berdasarkan dari foto yang beredar, tank terbaru Rusia itu disebutkan berada di dekat desa Midginskaya.

Dikutip SINDOnews dari laman BulgarianMilitary, Senin (10/10/2022), memang belum ada yang membuktikan bahwa foto tank itu benar dari Luhansk, namun itu jelas bukan dari tempat latihan militer Rusia. “Faktanya, kita tidak perlu terkejut dengan kemungkinan bahwa Rusia mengirim T-14 ke Ukraina,” tulis BulgarianMilitary.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rusia sering mengirimkan teknologi senjata baru untuk diuji dalam kondisi pertempuran nyata. Rusia tampaknya siap untuk meningkatkan kekuatan militer di Ukraina dengan pengerahan tank terbarunya.



Situasi semacam itu dikonfirmasi oleh pengiriman terbaru T-90 ke Distrik Militer Barat selama empat minggu terakhir. Mobilisasi yang diumumkan pada 21 September itu merupakan indikator ketiga dari upaya Rusia untuk meningkatkan situasi militer.

Tank T-14 di medan perang Ukraina dapat digunakan sebagai tank komando pasukan tank Rusia lainnya. Sebenarnya, ini adalah salah satu karakteristik fungsional tank T-14. Apalagi, berbagai sumber menyebutkan baru terlihat satu unit tank T-14 di medan perang Ukraina.

Tahun lalu, Moskow mengumumkan produksi serial tank T-14. Namun, tidak ada informasi tentang berapa banyak jumlah tank yang telah dibangun hingga saat ini. Beberapa mengklaim 10 unit, yang lain kurang dari itu, sekitar delapan unit.



Rusia mengklaim bahwa tank T-14 dapat menahan serangan rudal anti-tank Javelin Amerika Serikat (AS). Ini berkat armor 900mm, armor reaktif Malachit, dan sistem perlindungan aktif Afghanit. Awak T-14 juga lebih terlindungi, karena terletak di struktur terpisah dari kapsul tank.

Salah satu perbedaan utama antara T-14 dan tank Rusia lainnya adalah kemampuan untuk bergerak dalam gerakan tertentu. Tank T-14 dapat bergerak maju dan mundur dengan kecepatan 70-80 km/jam.
Tank Terbaru Rusia T-14 Sudah Terlihat di Medan Perang Ukraina


Kekuatan tank T-14 terletak pada jenis lain dari proyektil fragmentasi eksplosif tinggi, yaitu Telnik. Ini adalah amunisi yang benar-benar baru yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir di Rusia dan diyakini lebih unggul dari Vacuum-1 sebelumnya.



Rusia mengklaim tank T-14 sebagai tank terbaik di dunia, dan di jajaran tank yang dimiliki Angkatan bersenjatanya. Klaim ini layak dinantikan di medan perang sebenarnya, karena Rusia dikabarkan kehilangan dua tank terbaiknya, yaitu T-90 dan T-90M, satu hancur dan satu ditangkap pasukan Ukraina.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)