5 Hewan yang Buta Warna, Nomor 4 Kasusnya Mirip Manusia

Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:16 WIB
loading...
5 Hewan yang Buta Warna, Nomor 4 Kasusnya Mirip Manusia
Banyak hewan yang dianggap buta warna karena memiliki lebih sedikit kerucut atau lebih banyak batang pada mata. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Banyak hewan yang dianggap buta warna karena memiliki lebih sedikit kerucut atau lebih banyak batang pada mata. Hewan dan manusia yang memiliki batang dan kerucut di mata memungkinkan untuk melihat warna.

Kemampuan hewan untuk melihat warna juga bergantung pada reseptor warna di retina mata. Hal ini menyebabkan hewan tertentu untuk melihat lebih baik di malam hari, dan melihat warna secara berbeda. Berikut daftar 5 hewan yang buta warna dirangkum SINDOnews dari laman animals.mom, Selasa (11/10/2022).

1. Anjing
5 Hewan yang Buta Warna, Nomor 4 Kasusnya Mirip Manusia


Anjing dianggap buta warna karena tidak bisa melihat warna tertentu. Warna-warna ini termasuk merah, oranye dan hijau. Anjing dapat membedakan antara warna-warna itu, tetapi warnanya tampak lebih kuning atau biru. Satu-satunya warna yang bisa dilihat anjing adalah kuning, biru, dan ungu.

Baca juga; Astronom Temukan Asteroid Berbentuk Tulang Anjing

2. Burung Hantu
5 Hewan yang Buta Warna, Nomor 4 Kasusnya Mirip Manusia


Burung nokturnal, seperti burung hantu, adalah satu-satunya jenis burung yang buta warna. Mereka memiliki reflektor di belakang retina yang memantulkan cahaya. Burung dapat melihat sinar ultraviolet dan dapat mengamati pola visual yang hanya dapat dilihat manusia melalui filter eksternal tambahan. Aturan umumnya adalah, semakin cerah spesiesnya, semakin kecil kemungkinannya buta warna.

Baca juga; Ini 5 Perbedaan Hantu Lokal vs Hantu Luar Negeri

3. Penyu Hijau
5 Hewan yang Buta Warna, Nomor 4 Kasusnya Mirip Manusia


Kebanyakan reptil dapat melihat melalui sinar ultraviolet. Reptil dengan pupil seperti celah hanya bisa melihat dalam warna hitam dan putih dan lebih aktif di malam hari. Kura-kura memiliki penglihatan yang sangat baik tetapi tidak dapat melihat jarak jauh. Melalui penglihatan ultraviolet, warna bisa lebih intens dan terlihat sangat berbeda dari manusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2862 seconds (11.252#12.26)