Robot Humanoid Rusia, Skybot F-850 Dirancang untuk Misi Luar Angkasa

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 16:38 WIB
loading...
Robot Humanoid Rusia, Skybot F-850 Dirancang untuk Misi Luar Angkasa
Badan antariksa Rusia Roscosmos mengatakan Skybot F-850 akan berfungsi sebagai pendamping bagi awak manusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Foto/Androidnaya Technika
A A A
MOSKOW - Robot humanoid buatan Rusia , Skybot F-850, dirancang khusus untuk mengemban misi ke luar angkasa. Robot humanoid Skybot F-850 berukuran tinggi 180 cm bertugas membantu kru atau astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Robot humanoid Skybot F-850, adalah salah satu versi terbaru dari robot FEDOR Rusia, yang telah dikembangkan sebagai penyangga serba guna bagi manusia. Skybot F-850 membantu berbagai pekerjaan penyelamatan hingga misi ke luar angkasa.

Robot humanoid Skybot F-850 untuk pertama kalinya akan menggantikan komandan di Soyuz untuk memantau dan melaporkan kondisi selama penerbangan tanpa awak. Termasuk kondisi kekuatan pada pesawat ruang angkasa saat memasuki orbit dan awal gravitasi nol.



Direktur Program Lanjutan dan Sains di Roscosmos, Alexander Bloshenko, mengatakan bahwa Skybot F-850 pertama ini akan berfungsi sebagai pendamping sosial dan panduan referensi interaktif untuk Rusia di ISS. Robot itu sudah dilengkapi dengan dokumentasi operasional stasiun luar angkasa.

Robot multifungsi dapat menjawab pertanyaan dan mengadakan percakapan, bahkan menceritakan lelucon, meskipun hanya dalam bahasa Rusia saat ini. “Ini baru permulaan. Generasi masa depan dari robot semacam itu akan menyelesaikan tugas-tugas yang berpotensi menimbulkan risiko khusus bagi manusia,” kata Bloshenko kepada Space.com.

Bloshenko mengatakan versi Skybot F-850 yang akan terbang ke ISS terbuat dari bahan kuat yang dirancang untuk menahan getaran selama peluncuran dan tuntutan operasi di luar angkasa. Algoritme gerakan khusus juga telah dipasang dan tindakan Skybot akan sengaja dibatasi untuk memastikan bahwa itu tidak menyebabkan kerusakan yang tidak sengaja di ISS.


Robot Humanoid Rusia, Skybot F-850 Dirancang untuk Misi Luar Angkasa


“Kecerdasan buatan memungkinkan Skybot F-850 untuk bergerak dan bertindak secara mandiri, atau dapat bekerja dalam mode avatar, di bawah kendali operator yang mengenakan setelan kontrol seluruh tubuh,” kata Bloshenko.

Desain humanoid robot, khususnya tangan canggihnya, memungkinkan untuk bekerja dengan alat "manusia" standar. Video menunjukkannya berjalan, memutar katup, membuka kunci pintu, dan mengoperasikan alat pemadam api, bor listrik, dan obor gas untuk pengelasan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)