5 Hewan dengan Umur Terpanjang di Dunia, Ada yang Nyaris Abadi

Rabu, 19 Oktober 2022 - 15:19 WIB
loading...
5 Hewan dengan Umur Terpanjang di Dunia, Ada yang Nyaris Abadi
Hewan dengan umur terpanjang di dunia menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Hewan dengan umur terpanjang di dunia menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Dari sekian banyak jenis hewan di dunia ini, terdapat beberapa di antaranya yang memiliki umur sangat panjang.

Berbeda dengan umur manusia, usia yang mereka miliki cenderung melampauinya. Ada banyak faktor yang membuat mereka bisa bertahan hidup cukup lama. Sebut saja seperti faktor genetik, tidak adanya ancaman predator , hingga kemampuan regenerasi tubuh yang jarang ditemui.

Baca juga : Fakta Baru, Hewan Berdarah Dingin Punya Rahasia Umur Panjang

Dilansir dari laman Live Science, berikut lima hewan dengan umur terpanjang di dunia.

1. Hiu Greenland

Hiu Greenland atau Somniosus Microcephalus menjadi hewan pertama dalam daftar ini. Hidup di lautan Atlantik Utara dan Arktik, mereka disebut bisa tumbuh mencapai 24 kaki atau sekitar 7,3 meter.

Pada sebuah studi tentang jaringan mata hiu Greenland tahun 2016, jenis hiu ini diperkirakan memiliki usia maksimal mencapai 272 tahun. Bahkan, menurut pandangan lain, sebagian peneliti menyebut hiu ini bisa hidup lebih lama lagi dan mencapai 300-500 tahun.

2. Cacing Tabung

Cacing tabung merupakan jenis invertebrata yang memiliki rentang hidup panjang sebagai hewan laut. Menurut sebuah studi yang diterbitkan jurnal The Science of Nature tahun 2017, spesies cacing tabung banyak hidup di dasar laut Teluk Meksiko.

Dari sekian banyak, hewan ini diketahui bisa bertahan hidup hingga ratusan tahun lamanya. Sebagian di antaranya memiliki usia sekitar 200 tahun, dan sebagian lainnya bisa bertahan hingga lebih dari 300 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)