Babia, Buaya Suci di India yang Mati dan Dimakamkan seperti Manusia

Kamis, 20 Oktober 2022 - 13:18 WIB
loading...
Babia, Buaya Suci di India yang Mati dan Dimakamkan seperti Manusia
seekor buaya di India dianggap sebagai jelmaan dewa mati. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Beberapa waktu yang lalu, seekor buaya di India dianggap sebagai jelmaan dewa mati. Karena dianggap suci, buaya ini juga dikuburkan layaknya seorang manusia.

Usut punya usut, buaya tersebut ternyata bernama Babia. Sepanjang hidupnya, dia tinggal di kuil Sri Ananthapadmanabha, negara bagian Kerala, India Utara.

Baca juga : 70 Persen Buaya Betina Terbukti Setia, Buaya Jantan?

Uniknya, dia dikatakan tidak memakan daging dan kerap disebut sebagai vegetarian. Adapun buaya ini disebut hanya mengkonsumsi nasi yang dimasak selama berada di kuil.

Selain itu, orang setempat juga menganggap Babia ini sebagai hewan yang suci. Mereka meyakini bahwa dia tidak pernah menyerang manusia atau hewan lain yang mendekat kepadanya.

Dikutip dari laman Alarabiya News, setelah kematiannya, ratusan orang diketahui ikut menghadiri pemakaman buaya ini. Layaknya seorang manusia, sebagian dari pelayat juga meneteskan air mata.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena Babia sendiri mereka anggap suci, bahkan disebut sebagai dewa. Dia selalu menjaga kuil Sri Ananthapadmanabha Swamy yang sangat dihormati.

Menurut Sekretaris kuil yang bernama Ramachandran Bhat, Babia telah hidup dan menjaga kuil selama hampir 80 tahun lamanya.

Baca juga : Apa Perbedaan Buaya dan Aligator?

Akan tetapi, pada Senin (10/10/2022) lalu Babia ditemukan sudah mengambang tak bernyawa di tempatnya. Sebelumnya, dia juga dilaporkan tidak makan selama beberapa hari terakhir.

Salah satu hal menarik lainnya yang terjadi adalah prosesi pemakamannya sendiri. Karena dianggap suci, Babia dikuburkan dengan cara tersendiri sesuai ketentuan masyarakat setempat.

Dalam hal ini, jasad buaya ini dihiasi dengan bunga. Kemudian diberkati terlebih dahulu oleh pendeta sebelum akhirnya dibawa menggunakan tandu melewati kerumunan pelayatnya. Setelahnya, barulah dia dikuburkan di kompleks candi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)