AS Buka Rahasia Pengebom Siluman B-21 Raider, Mampu Terbang Tanpa Pilot Bawa Senjata Nuklir

Jum'at, 04 November 2022 - 13:22 WIB
loading...
AS Buka Rahasia Pengebom Siluman B-21 Raider, Mampu Terbang Tanpa Pilot Bawa Senjata Nuklir
Angkatan Udara Amerika Serikat segera memiliki pesawat pengebom siluman paling canggih B-21 Raider. Foto/USAF/Space
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat segera memiliki pesawat pengebom siluman paling canggih. Pengebom B-21 Raider dirancang mampu terbang dengan atau tanpa pilot membawa berbagai bom, konvensional dan nuklir .

Northrop Grumman mengatakan, segera mengenalkan B-21 Raider pada 2 Desember 2022 yang diklaim sebagai pesawat militer paling canggih yang pernah dibuat. Northrop Grumman pertama kali mendapatkan kontrak membangun B-21 Raider untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) pada tahun 2015, dan sejak saat itu seluruh produksinya sangat dirahasiakan.

Angkatan Udara Amerika Serikat mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan 20 Oktober bahwa B-21 Raider bakal diperkenalkan dalam upacara 2 Desember di fasilitas produksi Northrop Grumman di Palmdale, California. “Pembukaan B-21 Raider akan menjadi momen bersejarah bagi Angkatan Udara dan bangsa kita,” kata Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal Charles Q. Brown, Jr dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Jumat (4/11/2022).



Sampai saat ini hanya sedikit yang diketahui tentang kemampuan atau konfigurasi pengebom B-21 Raider. Menurut lembar fakta USAF, pengebom B-21 mampu terbang dengan awak dan tanpa awak membawa dan menyebarkan senjata konvensional dan nuklir.

Selain itu, pengebom siluman B-21 Raider disebut mampu melakukan misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR). Bahkan, pesawat ini mampu melakukan peperangan elektronik, seperti radar jamming atau spoofing dan sistem komunikasi.
AS Buka Rahasia Pengebom Siluman B-21 Raider, Mampu Terbang Tanpa Pilot Bawa Senjata Nuklir


Pengebom B-21 Raider ini akan menampilkan arsitektur sistem terbuka yang akan memungkinkan untuk ditingkatkan dengan kemampuan baru di masa depan. “Pesawat ini merupakan produk inovasi perintis dan keunggulan teknologi,” kata Doug Young, wakil presiden sektor dan manajer umum di Northrop Grumman Aeronautics Systems dalam sebuah pernyataan perusahaan pada 20 September.



Dalam pernyataan Northrop Grumman, ada enam pesawat uji B-21 dalam berbagai tahap perakitan akhir di pabrik Palmdale. Sementara USAF berencana untuk penerbangan pertama B-21 Raider berlangsung pada tahun 2023, namun belum ditentukan tanggal pastinya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)