Mengerikan, Ini yang Terjadi Jika Tidak Ada Gravitasi di Bumi

Kamis, 10 November 2022 - 22:31 WIB
Mengerikan, Ini yang Terjadi Jika Tidak Ada Gravitasi di Bumi
JIka tidak ada gravitasi di bumi, tentu akan menghadirkan dampak yang sangat buruk. Foto/InformationPalace
JAKARTA - Gravitasi adalah gaya tarik menarik antara dua atom, yang secara harfiah diartikan sebagai gaya tarik yang membuat semua orang dan benda di bumi tetap berpijak pada tempatnya. Bagi manusia, gravitasi bertindak sebagai jangkar yang mencegah melayang ke angkasa .

“Gravitasi adalah gaya tarik menarik yang ada antara dua massa, dua benda, dua partikel. Gravitasi bukan hanya tarik-menarik antara benda dan Bumi. Ini adalah daya tarik yang ada di antara semua objek, di mana pun di alam semesta,” tulis laman Futurism yang dikutip SINDOnews, Kamis (10/11/2022).

Jika gravitasi bumi berubah secara signifikan, maka menimbulkan efek besar pada hampir semua hal. Alasan mengapa gravitasi di Bumi tidak pernah berubah adalah karena massa Bumi tidak pernah berubah.

Satu-satunya cara untuk mengubah gravitasi di Bumi secara tiba-tiba adalah dengan mengubah massa planet. Perubahan massa yang cukup besar untuk menghasilkan perubahan gravitasi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Lalu, apa yang terjadi jika suatu hari, tidak ada gravitasi di bumi. Ini akan menjadi hari yang sangat buruk. Sebab, semua yang di Bumi bergantung pada gravitasi untuk tetap pada posisinya, seperti manusia, mobil, furnitur, dan sebagainya.

Segala sesuatu yang tidak tertahan di tempatnya tiba-tiba mulai mengambang. Dua hal yang lebih penting yang ditahan gravitasi di bumi adalah atmosfer dan air.

Tanpa gravitasi, udara di atmosfer yang menyelimuti Bumi akan berkeliaran dan akan segera melompat ke luar angkasa. Kondisi ini terjadi di Bulan, karena tidak memiliki gravitasi yang cukup untuk menjaga atmosfer di sekitarnya, lingkungan di Bulan hampir vakum.

Tanpa atmosfer, makhluk hidup apa pun akan segera mati dan cairan apa pun akan mendidih ke luar angkasa. Begitu juga dengan air yang ada di Bumi, bakal berhamburan ke mana-mana, ketika gravitasi hilang.