Mengapa Bumi Layak Huni? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Sabtu, 12 November 2022 - 18:17 WIB
loading...
A A A
Bulan sebagai satu satunya satelit Bumi ini berfungsi sebagai penjaga stabilitas orbit yang membuat iklim lebih terkontrol dan juga menjadi penyebab pasang surut air laut.

Menurut discovery.com, Tanpa adanya Bulan mungkin saja Bumi akan kehilangan kendali dalam sistem rotasinya, dan menyebabkan perubahan iklim yang drastis.

Baca juga : Dua Planet Baru Mirip Bumi Ditemukan, Setahun Disana Hanya 8 Hari di Bumi

4. Gravitasi

Adanya medan magnet di Bumi membuat setiap benda dan makhluk hidup yang berada di bumi akan bergerak sesuai kendali karena tanpa adanya gaya ini seluruh hal yang ada di planet ini hanya akan melayang layang tanpa arah.

5. Lapisan Ozon

Adanya lapisan ozon ini melindungi bumi dari berbagai benda benda luar angkasa. Selain itu lapisan ini secara terus menerus juga menyuplai oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup.

6. Masih Punya Banyak Waktu

Menurut penelitian, matahari sebagai salah satu bintang memiliki waktu paling tidak sekitar 5 miliar tahun sebelum akhirnya mati.

Menurut Live Science, Bumi sendiri masih memiliki waktu 1,1 miliar tahun atau kurang. Waktu ini berdasar dari kehidupan pertama yang pertama kali muncul di bumi pada 3,5 miliar tahun yang lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)