Senin, 14 November 2022 - 20:18 WIB
Ilmuwan Arab Saudi Temukan Padang Lamun Terbesar di Bahama
Ilmuwan Arab Saudi menemukan padang lamun (Seagrass) terbesar di dunia yang terletak di perairan dangkal Bahama. Foto/Newatlas
RIYADH - Ilmuwan Arab Saudi menemukan padang lamun (Seagrass) terbesar di dunia yang terletak di perairan dangkal Bahama. Penemuan padang lamun terbesar ini berkat bantuan kamera 360 derajat yang dipasang di punggung hiu macan .

Lamun adalah tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang dapat tumbuh dengan baik dalam lingkungan laut dangkal yang hangat. Semua lamun adalah tumbuhan berbiji satu (monokotil) yang mempunyai akar rimpang (rhizoma), daun, bunga, dan buah seperti tumbuhan yang di darat.

Jadi lamun sangat berbeda dengan rumput laut (algae) dan dapat hidup lebih lama. Padang lamun adalah elemen penting dari ekosistem laut yang lebih luas, mempromosikan keanekaragaman hayati laut, menjaga garis pantai dari efek terburuk badai dan bertindak sebagai penyerap karbon.

Padang lamun terbesar di dunia ini ditemukan para peneliti Universitas Sains dan Teknologi Raja Abdullah Arab Saudi yang bekerja sama dengan organisasi nirlaba Beneath the Waves. Organisasi ini focus pada konservasi hiu macan di Bahama.

Para peneliti memasang kamera 360 derajat di punggung hiu macan karena spesies ini memiliki hubungan simbiosis yang kuat dengan ekosistem lamun. Hiu macan berperan sebagai predator puncak untuk mencegah ledakan populasi spesies lain di ekosistem lamun.

“Kami mengira Bahama kemungkinan besar memiliki ekosistem lamun yang luas. Namun, perkiraan yang sebenarnya tidak pernah dihitung dengan tepat, karena mensurvei wilayah yang luas ini cukup menantang,” ujar Profesor Carlos Duarte, Senin (14/11/2022).

Perkiraan tim peneliti untuk ukuran ekosistem lamun adalah antara 66.000 dan 92.000 km persegi. Dengan bantuan hiu macan liar, para ilmuwan melakukan penghitungan ekosistem lamun terbesar di dunia.
Ilmuwan Arab Saudi Temukan Padang Lamun Terbesar di Bahama

“Penelitian yang dipimpin oleh Beneath The Waves telah menunjukkan bahwa hiu macan menghabiskan sekitar 72% waktunya untuk berpatroli di padang lamun. Ini dapat diamati dengan kamera 360 derajat yang kami gunakan pada hiu, untuk pertama kalinya pada hewan laut,” kata Duarte.

Lamun termasuk tumbuh berkerumunan dan biasanya menempati perairan dangkal dan menghubungkan ekosistem mangrove dengan terumbu karang. Wilayah perairan laut yang ditumbuhi lamun disebut padang lamun, dan dapat menjadi suatu ekosistem tersendiri yang khas.