Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer? Kata Ilmuwan Wajib Olah Raga 30 Menit

Senin, 21 November 2022 - 07:07 WIB
loading...
Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer? Kata Ilmuwan Wajib Olah Raga 30 Menit
Para ilmuwan mengungkapkan berapa banyak latihan yang dibutuhkan untuk mengimbangi mereka yang terlalu banyak duduk. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Terlalu banyak duduk tidak baik bagi kesehatan. Tapi, masih banyak orang yang melakukannya. Bahkan, bisa duduk seharian untuk bekerja.

Nah, penelitian terbaru menunjukkan bahwa olah raga 30-40 menit per hari (aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat) bisa menangkal dampak buruk duduk terlalu lama (hingga 10 jam).

Ini berdasarkan studi meta-analisis yang menganalisis sembilan studi-studi yang pernah dibuat sebelumnya. Penelitian tersebut melibatkan total 44.370 orang di empat negara berbeda menggunakan alat pelacak kebugaran.

“Pada individu aktif yang melakukan sekitar 30-40 menit aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat, ternyata hubungan antara waktu duduk yang tinggi dan risiko kematian tidak berbeda secara signifikan dengan mereka yang memiliki waktu duduk yang sedikit,” para peneliti menjelaskan.

Dengan kata lain, melakukan beberapa aktivitas olah raga – bersepeda, jalan cepat, berkebun – dapat menurunkan risiko kematian dini, terutama mereka yang banyak duduk.

Penelitian tersebut diterbitkan bersamaan dengan rilis Pedoman Global Organisasi Kesehatan Dunia 2020 tentang Aktivitas Fisik dan Perilaku Sedentary, yang disusun 40 ilmuwan di enam benua.

"Intinya, semua aktivitas fisik diperhitungkan. Dan berapa pun jumlahnya, lebih baik daripada tidak sama sekali," kata peneliti aktivitas fisik dan kesehatan populasi Emmanuel Stamatakis dari University of Sydney di Australia.

"Orang masih dapat melindungi kesehatan mereka dan mengimbangi efek berbahaya dari aktivitas fisik."

Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan fitnes tracker itu ternyata juga sejalan dengan pedoman WHO tahun 2020, yang merekomendasikan 150-300 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75-150 menit aktivitas fisik intensitas tinggi setiap minggu untuk melawan perilaku kurang gerak.

BACA JUGA: Kenapa RAM iPhone Lebih Kecil daripada RAM Android?

Contohnya, memilih berjalan menaiki tangga daripada naik lift, bermain dengan anak-anak dan hewan peliharaan, mengikuti yoga atau menari, melakukan pekerjaan rumah tangga, berjalan kaki, dan bersepeda.

Semuanya diajukan sebagai cara agar orang dapat lebih aktif. Yang penting harus bergerak 30-40 menit sehari, dan bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1587 seconds (10.177#12.26)