5 Astronot NASA yang Pernah Menginjakan Kaki di Bulan

Jum'at, 25 November 2022 - 18:01 WIB
loading...
5 Astronot NASA yang Pernah Menginjakan Kaki di Bulan
Neil Armstrong menjadi nama pertama astronot yang pernah menginjakan kaki di bulan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - NASA merupakan akronim dari National Aeronautics and Space Administration, sebuah lembaga independen Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa dan penelitian luar angkasa.

Sepanjang sejarahnya, terdapat sejumlah astronot NASA yang telah menjalankan misi dan berhasil menginjakan kaki di bulan. Bahkan, salah satu diantaranya dikenal sebagai manusia pertama yang menginjakan kaki di bulan.

Baca juga : NASA Tunda Peluncuran Robot Penjelajah Mars

Berikut lima astronot NASA yang pernah menginjakan kaki di bulan.

1. Neil Armstrong

Neil Armstrong menjadi nama pertama dalam daftar ini. Sebagian orang mengenalnya sebagai manusia pertama yang menginjakan kaki di bulan.

Dikutip dari laman Nasa, Neil Armstrong menjadi Komandan untuk misi Apollo 11 pada tahun 1969. Misi tersebut ditujukan untuk melakukan pendaratan di bulan dan kembali ke bumi atas arahan Presiden John F. Kennedy.

Apollo 11 meluncur dari Cape Kennedy pada 16 Juli 1969. Selain komandan Neil Armstrong, mereka juga membawa Pilot Modul Lunar Edwin Aldrin serta Pilot Modul Komando Michael Collins.

2. Edwin Aldrin

Berikutnya ada Edwin ‘Buzz’ Aldrin. Dikutip dari laman Nasa, pria kelahiran 20 Januari 1930 ini menjadi astronot selama pemilihan oleh NASA pada Oktober 1963. Dia menjadi tokoh sentral dalam merancang metode untuk melakukan Extravehicular Activities (EVA) astronot yang berperan dalam keberhasilan misi Apollo.

Edwin Aldrin terpilih sebagai anggota kru Apollo 11 yang mendarat di bulan pada 20 Juli 1969. Bersama Neil Armstrong, dia memenuhi mandat dari Presiden AS John F. Kennedy dalam misi tersebut.

Tercatat, dia menjadi orang Amerika kedua yang menginjakan kaki di bulan. Pada akhirnya, pesawat yang ditumpanginya kembali ke bumi pada 24 Juli 1969.

Baca juga : NASA Tegaskan Bersiap Ciptakan Oksigen di Mars

3. Charles Conrad

Charles ‘Pete’ Conrad merupakan penjelajah bulan dalam misi Apollo 12. Kala itu, dia berstatus sebagai komandan misi dan berhasil melakukan pendaratan bulan kedua yang sukses.

Semasa hidupnya, Charles Conrad telah banyak menerima penghargaan membanggakan seperti Congressional Space Medal of Honor, Distinguished Service Medals, hingga The Harmon Trophy.

4. Alan Bean

Astronot NASA yang pernah menginjakan kaki di bulan berikutnya adalah Alan Bean. Dikutip dari laman Nasa, astronot ini berjalan di bulan dengan misi Apollo 12. Dia memimpin kru Skylab kedua sebelum akhirnya mengundurkan diri 18 tahun setelahnya.

Pada misi Apollo 12 atau pendaratan bulan kedua, Alan Bean bertugas sebagai pilot modul. Sementara komandan misinya adalah Pete Conrad. Dalam sebuah wawancara tahun 2008, Bean menyebut bahwa pengalamannya di bulan menjadi salah satu hal paling menyenangkan selama hidupnya.

5. Alan Shepard

Alan Shepard menginjakan kaki di bulan pada misi Apollo 14. Dikutip dari laman Universetoday, bersama Edgar Mitchell dia meluncur pada 31 Januari 1971 dan mendarat pada 5 Februari.

Pada misi tersebut, Alan Shepard dan krunya melakukan eksperimen seismik untuk mempelajari potensi gempa Bulan dan menggunakan Peralatan Modular Transporter (MET).
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1804 seconds (10.177#12.26)