Rusia Tambah 98 Unit Tank Tempur Utama T-72, Dilengkapi Pengintai Laser Canggih

Selasa, 29 November 2022 - 14:07 WIB
loading...
Rusia Tambah 98 Unit Tank Tempur Utama T-72, Dilengkapi Pengintai Laser Canggih
Rusia dilaporkan menambah pengiriman 98 unit tank tempur utama T-72 ke medan perang Ukraina. Beberapa tank dilengkapi pengintai laser dan kontrol tembakan elektronik. Foto/Twitter/MoD Iraq
A A A
MOSKOW - Rusia dilaporkan menambah pengiriman 98 unit tank tempur utama T-72 ke medan perang Ukraina. Beberapa tank dilengkapi pengintai laser dan kontrol tembakan elektronik sehingga efektif menghancurkan target lawan.

Menurut laporan media online Oryx, 98 tank dalam berbagai modifikasi, seperti T-70A dan T-72AÐ’, langsung dikirim ke garis depan di Ukraina. Sebagian dari tank tersebut berasal dari cadangan Belarusia.

Tank T-72 Belarusia dikeluarkan dari pangkalan penyimpanan cadangan tank ke-969 di Urechcha, di wilayah ibu kota Belarusia, Minsk. Penduduk setempat berhasil merekam video kereta yang memuat 24 tank Belarusia tersebut.



Menurut saksi mata, tank diangkut dalam dua tahap, pertama dari Urechcha ke stasiun Uspenskaya, yang terletak di wilayah Rostov, dan kemudian dikirim ke Donetsk. Belarus disebut cukup aktif memasok peralatan militer ke Rusia.

Menurut keterangan berbagai sumber, hanya dalam beberapa minggu, pemerintahan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko telah mengirimkan 94 tank T-72A. Disebutkan itu adalah pengiriman ke-6 dari Belarusia ke Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, BulgarianMilitary.com mengetahui bahwa pada bulan Oktober, Rusia menerima lebih dari sekedar tank T-72. Dilaporkan satu set kereta pada akhir Oktober bermuatan tank T-90 berangkat ke Donetsk.

Kereta bermuatan tank terlihat di stasiun kereta api di Samara, Rusia. Jadi, selain 98 tank T-72 yang sudah disebutkan oleh Oryx, Rusia menerima tank T-90 di bulan Oktober, yang pastinya total ada 100 unit dalam satu bulan.



T-72 adalah tank tempur utama Rusia era Soviet yang dikembangkan pada akhir tahun 70-an dan mulai beroperasi pada tahun 1973. Tank ini memiliki berat hampir 45 ton dan dioperasikan oleh tiga awak.

Armor tank terdiri dari baja dan armor komposit dengan ERA. Meriam utama tank ini adalah meriam smoothbore 125 mm 2A46M/2A46M-5, dan sebagai tambahan, ada dua senjata di turret – coax PKT 7,62 mm.

Ada juga senapan mesin dan senapan mesin antipesawat NSVT atau DShK 12,7 mm. Kedua senapan mesin dirancang untuk pertahanan pertempuran jarak dekat.
Rusia Tambah 98 Unit Tank Tempur Utama T-72, Dilengkapi Pengintai Laser Canggih


Tank ini ditenagai oleh mesin diesel berbentuk B yang menghasilkan hingga 1.130 tenaga kuda. Hampir 25.000 unit model tank ini diproduksi, dan telah mengambil bagian dalam hampir setiap aksi militer dari tahun 1970-an hingga saat ini.



Secara khusus, modifikasi T-72A yang dikirim dari Belarus ke Rusia adalah tank di mana pengintai kebetulan diganti dengan pengintai laser dan kontrol tembakan elektronik ditambahkan. Bagian depan turret dan bagian atas diperkuat dengan lapis baja komposit (dijuluki Dolly Parton oleh intelijen AS).

Tank ini juga dilengkapi lapis baja reaktif, peluncur granat asap, dudukan lapis baja sirip di spatbor depan, dan perubahan internal. Tank ini menjadi tulang punggung Rusia di medan pertempuran menghadapi Ukraina.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)