Senin, 05 Desember 2022 - 07:05 WIB
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa
Tempat wisata di Planet Mars akan bisa pada 2029, ketika manusia pertama diprediksi menginjakkan kaki di planet tersebut. Foto: ist
JAKARTA - Awal tahun ini, pendiri SpaceX Elon Musk mencuit di Twitter soal prediksi kapan manusia pertama kali menginjakkan kaki di Planet Mars . Menurut Musk, diperkirakan manusia pertama sampai di Mars pada 2029 atau 60 tahun setelah manusia pertama menginjakkan kaki di bulan pada 1969.

Saat ini, Mars dianggap sebagai Planet yang paling memungkinkan untuk ditinggali. Pemetaan terhadap Planet Mars terus aktif dilakukan. Ilmuwan terus merekam kontur planet merah tersebut, mulai ngarai yang dalam, kawah misterius yang di dalamnya disinyalir memiliki air yang mengalir, gunung berapi raksasa, dan lainnya.

Dengan segala keunikannya, Mars menjadi lokasi yang luar biasa.

Nah, sambil berandai-andai jika manusia akhirnya sampai ke Mars pada 7 tahun lagi, dan selanjutnya Mars menjadi tempat menarik yang dikunjungi wisatawan, apa saja lokasinya? Nah, berikut adalah 8 tempat wisata di Planet Mars dilansir dari Space.com:

1. Olympus Mons
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrim di Tata Surya. Seab, ukurannya sangat masif. Terletak di wilayah vulkanik, ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona. Meski ekstrim, Olympus Mons relatif mudah didaki karena kemiringannya hanya 5%.

Tinggi Olympus Mons mencapai 25 km, atau hampir tiga kali tinggi Gunung Everest di Bumi. Puncaknya memiliki lebar 85 km, dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava.

2. Tharsis
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Tak jauh dari Olympus Mons, terdapat juga spot wisata gunung berapi lainnya yaitu gunung berapi Tharsis. Tharsis merupakan gunung berapi raksasa dengan lebar 4.000 km yang memiliki anak gunung berapi lainnya sebanyak 12 gunung.

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi. Ini karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi.

3. Valles Marineris
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Mars tidak hanya menampung gunung berapi terbesar di tata surya, tetapi juga ngarai terbesar. Valles Marineris adalah salah satunya yanh memiliki panjang sekitar 3.000 km atau empat kali lebih panjang dari Grand Canyon.

Para peneliti tidak yakin bagaimana Valles Marineris terbentuk, tetapi ada beberapa teori tentang pembentukannya. Banyak ilmuwan berpendapat bahwa ketika wilayah Tharsis terbentuk, itu berkontribusi pada terwujudnya Valles Marineris.

Lava yang bergerak melalui wilayah vulkanik mendorong kerak ke atas, yang memecah kerak menjadi rekahan di wilayah lain. Seiring waktu, retakan ini berkembang menjadi Valles Marineris.

4. Kutub Es
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Mars memiliki dua kutub es, dengan yang pertama berada di bagian Utara dan yang kedua berada di bagian Selatan. Selama musim dingin, menurut NASA, suhu di dekat kutub utara dan selatan sangat dingin. Sehingga karbondioksida mengembun dari atmosfer menjadi es di permukaan.

Prosesnya berbalik di musim panas, ketika karbon dioksida menyublim kembali ke atmosfer. Karbondioksida benar-benar menghilang di belahan bumi utara, meninggalkan lapisan es air.

Tetapi beberapa es karbon dioksida tetap berada di atmosfer selatan. Semua pergerakan es ini berdampak besar pada iklim Mars, menghasilkan angin dan efek lainnya.

5. Kawah Gale dan Gunung Aeolis Mons
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Kawah Gale pertama kali ditemukan saat pendaratan penjelajah Curiosity pada 2012. Wilayah ini diduga kuat merupakan sungai yang mengering.

Berdampingan dengan kawah Gale, ada gunung berapi yang disebut gunung Aeolis Mons atau gunung Sharp. NASA mengungkapkan bahwa gunung berapi ini mengandung molekul organik kompleks dan metana.

6. Medusa Fossae
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Medusae Fossae adalah salah satu lokasi paling aneh di Mars, dengan beberapa orang bahkan berspekulasi bahwa itu menyimpan bukti semacam kecelakaan UFO, meskipun sudah dijelaskan bahwa itu hanyalah sebuah endapan vulkanik.

Medusa Fossae berukuran seperlima dari ukuran Amerika Serikat. Seiring waktu, angin memahat bebatuan menjadi beberapa formasi yang indah yang dinamakan sebagai Medusa Fossae.

7. Lereng Lineae
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Mars memiliki lereng aneh bernama Lineae yang berlokasi di Kawah Hale. Lereng ini memiliki garis kemiringan berulang, yang cenderung terbentuk di sisi kawah yang curam selama cuaca hangat.

Sayangnya belum diketahui pasti seperti apa kondisi di lereng Lineae mengingat belum ada penelitian yang dilakukan di sana. Diduga, lereng itu mengandung mikroba asing.

8. Bukit Hantu
8 Tempat Wisata di Planet Mars, Ada Bukit Hantu hingga Gunung Api Raksasa

Mars adalah planet yang sebagian besar dibentuk oleh angin, karena air menguap saat atmosfernya menipis. Tapi, bisa dilihat banyak bukti air masa lalu, seperti wilayah "bukit hantu" yang ditemukan di Noctis Labyrinthus dan cekungan Hellas.

Para peneliti mengatakan daerah ini dulunya memiliki bukit pasir setinggi puluhan meter. Belakangan, bukit pasir itu dibanjiri oleh lava atau air, yang mengawetkan dasarnya sementara puncaknyaterkikis.