Chip Otak Neuralink Bikin Monyet Bisa Mengetik dengan Pikiran

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:30 WIB
loading...
Chip Otak Neuralink Bikin Monyet Bisa Mengetik dengan Pikiran
Sake merupakan satu dari enam monyet yang menjalani uji coba chip otak buatan Neuralink. Foto/MSN
A A A
JAKARTA - Chip otak buatan Neuralink bikin monyet bisa mengetik hanya dengan menggunakan pikiran. Diyakini chip otak itu bisa melakukan hal lebih dahsyat.

Kemampuan monyet mengetik melalui pikiran itu diperlihatkan oleh CEO Neuralink, Elon Musk, melalui sebuah video yang ditayangkan di acara Neuralink's Show and Tell akhir pekan lalu. Di video itu diperlihatkan seekor monyet bernama Sake yang tengah memandang sebuah keyboard virtual.

Menariknya Sake kemudian menggerakkan kursor ke keyboard virtual itu dengan pikirannya. "Dia tidak mengetik secara manual namun melalui pikirannya. Seperti mengetik secara telepatik," ujar Elon Musk .

Pria kelahiran 28 Juni 1971 itu mengatakan Neuralink melakukan pengujian terhadap enam ekor monyet termasuk Sake. Setelah dipasang chip otak buatan Neuralink, keenam monyet itu melakukan banyak tes. Contohnya Sake yang melakukan tes mengetik dengan pikiran.

Baca juga : 5.000 Tesla Cyberquad Ditarik Kembali karena Membahayakan Anak-anak



"Sebelum melakukan pengujian ke monyet, terlebih dulu kami melakuan pengujian eksternal. Jadi kami memastikan binatang yang kami jadikan percobaan tidak dirugikan," ujar Elon Musk.

Dia mengatakan keberhasilan yang ditunjukkan Sake setidaknya akan sangat bermanfaat bagi manusia. Setidaknya bagi mereka yang mengalami kelumpuhan dan kebutaan.

"Mereka akan tetap bisa mengendalikan barang-barang di sekitar mereka hanya dengan menggunakan pikiran," jelas Elon Musk.

Baca juga : Ini Dia Isi SMS Pertama di Dunia yang Usianya Telah Mencapai 30 Tahun
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1340 seconds (10.55#12.26)