Bom Mother of Satan Meledak di Polsek Astana Anyar, Ini Kandungan Zat Kimianya

Kamis, 08 Desember 2022 - 08:12 WIB
loading...
Bom Mother of Satan Meledak di Polsek Astana Anyar, Ini Kandungan Zat Kimianya
Bom Mother of Satan diduga jenis bom yang digunakan untuk meledakan Polsek Astana Anyar. FOTO/ DOK MPI
A A A
BANDUNG - Bom Mother of Satan diduga digunakan pelaku teror untuk membom Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Rabu (7/12/2022).

BACA JUGA - Metode Baru Cuci Otak Bom Bunuh Diri yang Harus Diwaspadai!

Dalam tinjauannya di TKP, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri tersebut.

Sigit mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan sidik jari dan face recognition terduga pelaku bom bunuh diri identitasnya adalah, Agus Sujatno alias Agus Muslim.

"Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun di bulan September atau Oktober 2021 lalu yang bersangkutan bebas," ucap Sigit di TKP kemarin.

Bom yang meledak di Astana Anyar diduga kuat adalah Mother of Satan atau dikenal dengan istilah TATP telah digunakan dalam serangan bom dan bunuh diri serta alat peledak improvisasi

Jenis bom berbahan TATP atau triaceton triperoxide, bahan ini biasa dikenal dengan sebutan ‘The Mother of Satan’.

Diketahui TATP bebas nitrogen telah digunakan sebagai bahan peledak pilihan dalam beberapa serangan bom teroris sejak 2001, termasuk pemboman London pada 7 Juli 2005 , di mana empat pembom bunuh diri menewaskan 52 orang dan melukai lebih dari 700

Sebab, bahan bom ini mudah didapat. Bahan-bahan TATP adalah aseton, hydrogen peroksida, asam yang kuat (HCI, sulfat). Aseton dikenal luas oleh masyarakat sebagai penghapus cat kuku.

Selain bahannya mudah didapat, TATP juga sulit dideteksi. Satu-satunya cara untuk mendeteksi TATP disebut-sebut hanya melalui indra penciuman. Biasanya orang yang membawa bom jenis ini memiliki bau kimia yang kuat.

Bom TATP atau Mother of Satan juga menjadi bom favorit yang kerap digunakan oleh para teroris.

Sebab selain bahannya mudah didapat, bom jenis ini juga sulit dideteksi. Satu-satunya cara hanya melalui indra penciuman, dimana orang yang membawah bom ini biasanya memiliki bau kimia yang kuat
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1474 seconds (10.177#12.26)