Spesifikasi Rudal Patriot AS untuk Ukraina, Berkecepatan Hipersonik Netralisir Rudal Balistik

Jum'at, 16 Desember 2022 - 19:07 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Patriot AS untuk Ukraina, Berkecepatan Hipersonik Netralisir Rudal Balistik
Rudal Patriot atau Phased Array Tracking Radar to Intercept On Target adalah sistem pertahanan udara dan rudal utama Angkatan Darat Amerika Serikat. Foto/Raytheon
A A A
KIEV - Rudal Patriot atau Phased Array Tracking Radar to Intercept On Target adalah sistem pertahanan udara dan rudal utama Angkatan Darat Amerika Serikat . Dengan harga sekitar USD3 juta atau Rp46,8 miliar, rudal Patriot menjadi salah satu senjata pertahanan permukaan-ke-udara (SAM) paling mahal dan paling canggih di dunia.

Laman army-technology menyebutkan bahwa Rudal Patriot dirancang pada tahun 1969 oleh Raytheon, Hughes, dan RCA. Rudal Patriot merupakan sistem pertahanan udara jarak jauh, segala ketinggian, segala cuaca untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih.

Rudal Patriot sekarang diproduksi Raytheon di Massachusetts dan Lockheed Martin Missiles and Fire Control di Florida. Salah satu varian paling sering digunakan adalah MIM-104C Patriot SAM versi PAC-2 atau lebih dikenal dengan MIM-104C (PAC-2).

Patriot Advanced Capability (PAC-2) MIM-104C merupakan upgrade dari PAC-1 pada tahun 1980-an dengan perbaikan pada perangkat lunak dan kemampuan peluncuran dari jarak jauh. Peningkatan ini memungkinkan rudal Patriot MIM-104C (PAC-2) mampu menetralisir rudal balistik.



Dikutip dari laman Bulgarian Military, Jumat (16/12/2022), rudal Patriot PAC-2 memiliki dua varian, dibedakan dari ukuran hulu ledak. Selain rudal Patroit MIM-104C (PAC-2), ada rudal Patroit MIM-104D (PAC-2 / GEM).

Rudal Patriot MIM-104D (PAC-2 /GEM] sudah mengoperasikan rudal yang ditingkatkan, lebih dikenal sebagai rudal penuntun yang ditingkatkan (Guidance Enhanced Missiles /GEM). Ini adalah rudal baru yang secara signifikan lebih cepat, mesin pencari baru dengan kebisingan rendah, dan memiliki kinerja yang lebih tinggi.

“Ide dasarnya adalah bahwa GEM (rudal penuntun yang ditingkatkan) dapat mendeteksi target dengan inframerah yang sangat rendah atau penampang radar yang rendah,” tulis Bulgarian Military.

Rudal Patriot menggunakan radar berbasis darat untuk mengawasi, melacak, dan mengunci target. Rudal yang masuk bisa mencapai jarak 80,5 sampai 160 kilometer dan radar sistem Patriot dapat menguncinya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)