Rusia Dinilai Gila, Mempersenjatai Pesawat Tempur MiG-35 dengan Rudal Hipersonik Vympel

Senin, 12 Desember 2022 - 21:33 WIB
loading...
Rusia Dinilai Gila, Mempersenjatai Pesawat Tempur MiG-35 dengan Rudal Hipersonik Vympel
Rusia mempersenjatai pesawat tempur MiG-35 Fulcrum dengan rudal hipersonik R-37M Vympel. Foto/BulgarianMilitary/WikiCommons
A A A
MOSKOW - Rusia mempersenjatai pesawat tempur MiG-35 Fulcrum dengan rudal hipersonik R-37M Vympel. Langkah ini dinilai gila karena karakter MiG-35 Fulcrum merupakan pesawat tempur kelas menengah-berat yang cocok untuk penargetan langsung tank, kapal, dan artileri berat.

Sedangkan rudal hipersonik R-37M Vympel merupakan rudal udara ke udara untuk menargetkan pesawat bernilai tinggi, seperti AWACS (Airborne Warning And Control System). Rudal hipersonik Vympel, NATO memberi nama Axehead, dirancang khusus untuk pesawat tempur utama Rusia MiG-31 Foxhound.

Baru-baru ini, Rusia berhasil menempatkan rudal hipersonik Vympel pada pesawat tempur kelas berat lainnya, yaitu Su-35 dan Su-30SM/SM2. Nah, langkah Rusia mengintegrasikan rudal hipersonik Vympel di bawah sayap MiG-35 oleh sejumlah media asing dinilai sebagai langkah berani.

“Beberapa ahli mengatakan, dan mungkin benar, bahwa konfigurasi R-37M pada MiG-35 tidak akan memiliki efek yang sama dengan penempatan pada MiG-31. Mengapa? MiG-31 mampu terbang lebih tinggi dan lebih cepat daripada jet tempur Rusia mana pun,” tulis laman Bulgarian Military, Senin (12/12/2022).



Selain itu, pesawat tempur MiG-35 sebagai kelas menengah-berat jelas kemampuan membawa senjata berbeda dengan tiga pesawat tempur kelas berat Rusia. Belum lagi kemampuan rangkaian sensor MiG-35 yang dinilai belum kompatibel untuk menargetkan rudal hipersonik R-37 yang memiliki jangkauan 400 km.

Secara realistis, jika Rusia berhasil mengintegrasikan rudal ke dalam pesawat tempur ini, itu akan secara signifikan menjadikannya rudal yang luar biasa. Namun, dengan hanya memiliki 6 unit pesawat tempur MiG-35, penempatan rudal Vympel dinilai tidak menguntungkan secara finansial.

Apalagi Rusia selama ini dinilai kurang berminat mengembangkan MiG-35 yang dikenal sebagai penerus MiG-29. Bisa jadi keputusan mempersenjatai MiG-35 dengan rudal hipersonik Vympel untuk mengesankan calon pembeli dari negara lain.
Rusia Dinilai Gila, Mempersenjatai Pesawat Tempur MiG-35 dengan Rudal Hipersonik Vympel


Pesawat tempur Mikoyan MiG-35 (nama kode NATO Fulcrum-F) adalah pesawat tempur yang dikembangkan dari MIG-29 M/M2 dan MiG-29K/KUB. Rusia telah secara resmi meluncurkan MiG-35 di pameran udara Aero India 2007 di Bangalore.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)