Kemiringannya Diperbaiki, Menara Pisa Diprediksi Tidak Akan Ambruk

Jum'at, 23 Desember 2022 - 07:36 WIB
loading...
Kemiringannya Diperbaiki, Menara Pisa Diprediksi Tidak Akan Ambruk
Upaya menegakkan kembali Menara Pisa terus dilakukan hingga kini. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Menara Miring Pisa di Roma, Italia, diprediksi tidak akan ambruk. Pasalnya seiring perjalanan tahun menara itu tidak semakin miring.

Kemiringan Menara Pisa memang masih mengkhawatirkan banyak orang. Pasalnya menara yang awalnya dibangun secara vertikal itu terus-terusan mengalami kemiringan yang sangat besar.

Untungnya, upaya stabilisasi Menara Pisa yang terus dilakukan kini menunjukkan hasil positif. Upaya stabilisasi yang dilakukan oleh Opera Primaziale della Pisana (OPA) sejak 2001 kini bisa membuat menara itu tegak sedikit hingga empat centimeter.

"Menara Pisa berusia 850 tahun dengan keadaan sebelumnya kemiringan sekitar lima meter dan penurunan lebih dari tiga meter. Kondisi baru yang ditemukan ini sangat baik buat Menara Pisa," ujar juru bicara OPA dikutip Daily Mail.



Kemiringannya Diperbaiki, Menara Pisa Diprediksi Tidak Akan Ambruk


Meski kemiringannya telah berkurang, Profesor Geoteknik dari Universitas Pisa, Nunziante Squeglia mengatakan Menara Pisa masih berayun rata-rata sekitar 0,02 inci atau 0,5 milimeter per tahun.

"Meskipun yang paling penting adalah stabilitas menara lonceng, yang lebih baik dari yang kita diharapkan," katanya kepada National Associated Press Agency (ANSA) Italia.

Disebutkan Daily Mail upaya menegakkan kembali Menara Pisa dilakukan dengan terus-menerus. Hanya saja upaya tersebut kerap tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)