Spesifikasi Tank T-90M Rusia, Punya Persenjataan Akurasi Tinggi dan Perlindungan Kokoh

Sabtu, 24 Desember 2022 - 12:17 WIB
loading...
Spesifikasi Tank T-90M Rusia, Punya Persenjataan Akurasi Tinggi dan Perlindungan Kokoh
Tank T-90M adalah versi modern dari tank tempur utama (MBT) T-90 Rusia yang dibuat oleh Uralvagonzavod. Foto/Army-technology
A A A
MOSKOW - Tank T-90M adalah versi modern dari tank tempur utama (MBT) T-90 Rusia yang dibuat oleh Uralvagonzavod. Tank yang disebut sebagai Proryv-3 (Breakthrough-3) ini menawarkan daya tembak dan perlindungan yang lebih unggul dari pendahulunya.

Tank T-90M pertama kali didemonstrasikan selama Russian Expo Arms di Nizhny Tagil pada September 2011. Tank ini pertama kali diungkapkan kepada publik dan diuji coba oleh Angkatan Darat Rusia pada tahun 2017.

Tank T-90M yang diawaki 3 kru ini memiliki sejumlah fitur yang ditingkatkan secara ekstensif sehingga memberikan kemampuan tempur mumpuni dalam berbagai skenario peperangan. Tank seberat 48 ton ini menampilkan komponen otomotif, suspensi, perlindungan, daya tembak, dan mobilitas yang ditingkatkan.



Dikutip dari laman army-technology, Sabtu (24/12/2022), persenjataan utama tank T-90M adalah meriam 125mm 2A46M-5 smoothbore dengan akurasi tinggi. Meriam dapat menembakkan berbagai jenis amunisi menggunakan autoloader tipe carousel dengan kapasitas 40 butir amunisi 125mm.

Tank T-90M juga dipersenjatai dengan senapan mesin anti-pesawat 7,62mm 6P7K yang dikendalikan dari jarak jauh. Senapan mesin berisi 2.000 butir peluru dan 800 kartrid ini dipasang di atas turret untuk menghancurkan target diam dan bergerak.

Di setiap sisi turret dilengkapi enam pelontar granat asap untuk memberikan perlindungan berupa kamuflase. Panel pelindung ledakan reaktif (ERA) modular dipasang pada proyeksi belakang dan samping.
Spesifikasi Tank T-90M Rusia, Punya Persenjataan Akurasi Tinggi dan Perlindungan Kokoh


Tank T-90M yang dibanderol sekitar USD4,5 juta (Rp70 miliar) dilengkapi panel ERA untuk melindungi dari senjata kecil dan serpihan peluru. Lambung depan dan menara dilengkapi dengan RELIKT ERA untuk perlindungan terhadap rudal anti-tank.



Tank T-90 M juga mempunyai sistem perlindungan kolektif PKUZ-1A NBC untuk ancaman senjata nuklir, biologi, dan kimia. Tank ini juga dilengkapi dengan sistem penyaringan opto-elektronik, sistem perlindungan elektromagnetik, dan peralatan pertempuran aksi cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)