Tank T-72 Bikin Maroko Terseret dalam Perang Rusia Ukraina

Rabu, 14 Desember 2022 - 12:32 WIB
loading...
Tank T-72 Bikin Maroko Terseret dalam Perang Rusia Ukraina
Tank tempur utama T-72 Ural secara tidak langsung telah menyeret Maroko ke dalam perang Rusia Ukraina. Foto/Defense Express
A A A
RABAT - Tank tempur utama T-72 Ural secara tidak langsung telah menyeret Maroko ke dalam perang Rusia Ukraina . Atas permintaan Amerika Serikat, Maroko akan mentransfer suku cadang tank T-72 miliknya ke Ukraina yang terlibat perang dengan Rusia.

Menurut laporan Le Journal de l'Afrique, diplomat AS berhasil meyakinkan pemerintah Maroko untuk mentransfer suku cadang tank T-72 ke Ukraina secara rahasia. Jika kabar ini benar, Maroko menjadi negara Afrika pertama yang secara resmi mendukung Ukraina dalam konflik dengan Rusia.

Berbagai media online militer, seperti 19fortyfive dan Bulgarian Military, ramai mengabarkan isu ini dengan mengutip laporan Le Journal de I’Afrique. Tentu kabar ini cukup mengejutkan karena Kerajaan Maroko selama ini memiliki hubungan yang baik dengan Rusia.

“Namun, Maroko memilih Ukraina. Dalam negosiasi diplomatik rahasia antara Washington dan Rabat, perjalanan bisnis dan politik di berbagai sektor, Maroko setuju untuk memasok suku cadang tank T-72 Ukraina,” tulis Bulgarian Military, Rabu (14/12/2022).



Tank T-72, meskipun sudah tergolong mesin perang tua, namun tank yang paling banyak digunakan dalam perang Rusia dan Ukraina. Akibatnya, banyak tank T-72 yang rusak dan tidak bisa dioperasikan lagi setelah dipakai bertempur.

Rusia memiliki kemampuan untuk memperbaiki sejumlah tank yang rusak, bahkan memproduksi tank baru yang lebih canggih. Berbeda dengan Ukraina, yang membutuhkan bantuan sekutunya untuk pengadaan suku cadang.

The New York Times mengindikasikan, pada 1 April, bahwa Washington sedang bernegosiasi dengan sekutu NATO-nya untuk memasok tank T-72 ke Ukraina, setelah permintaan Presiden Volodymyr Zelinski secara khusus untuk memperkuat pertahanan di Donbass. “Beberapa hari kemudian, kami mengetahui bahwa Polandia sedang dalam proses pengiriman 200 tank T-72 ke Kiev,” tulis Bulgarian Military.



Tank T-72 Maroko
Angkatan Bersenjata Kerajaan Maroko memiliki beberapa lusin tank T-72B/BK, yang diperoleh dari Belarusia antara tahun 1999 dan 2001. Banyak dari tank T-72 sebenarnya dibeli dari Ukraina dan Belarusia setelah Uni Soviet bubar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)