5 Binatang Bertubuh Transparan, Nomor Terakhir Punya Julukan Mengerikan

Senin, 26 Desember 2022 - 22:21 WIB
loading...
5 Binatang Bertubuh Transparan, Nomor Terakhir Punya Julukan Mengerikan
Sejumlah binatang memiliki keunikan berupa tubuh yang transparan, sehingga tembus pandang dan organ bagian dalamnya terlihat jelas. Foto/Animalfunfacts
A A A
JAKARTA - Sejumlah binatang memiliki keunikan berupa tubuh yang transparan , sehingga tembus pandang dan organ bagian dalamnya terlihat jelas. Binatang memiliki tubuh transparan sebagai bagian dari respons terhadap lingkungan untuk berkamuflase atau melindungi dari dari mangsa.

Karakteristik tubuh transparan paling sering muncul pada hewan ketika masih berusia muda, dan dapat menghilang saat dewasa. Hanya beberapa tetap mempertahankan tubuh transparan seumur hidup. Berikut 5 binatang bertubuh transparan dirangkum SINDOnews dari laman world atlas dan animalfunfacts, Senin (26/12/2022).

1. Katak Kaca
5 Binatang Bertubuh Transparan, Nomor Terakhir Punya Julukan Mengerikan


Katak kaca merupakan keluarga Glassfrogs yang habitatnya bantak tersebar di Meksiko Selatan, Bolivia, Brasil, dan Argentina. Katak kaca memiliki tubuh transparan sebagai kamuflase agar para predator sulit membedakannya dari lingkungan sekitarnya.



Jadi katak tidak selalu berwarna hijau atau warna lain yang berkilauan sebagai sistem pertahanan, seperti pada katak panah beracun. Katak kaca tidak memiliki warna sama sekali, tembus pandang, sehingga perut dan organ-organnya, seperti jantung, hati, dan usus terlihat.

2. Kumbang Penambangan Daun
5 Binatang Bertubuh Transparan, Nomor Terakhir Punya Julukan Mengerikan


Kumbang penambang daun termasuk keluarga Leaf beetles yang banyak ditemukan habitatnya di Asia. Kumbang penambang daun memiliki tubuh transparan untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya.

Kumbang penambang daun bisa sangat berwarna dengan warna metalik yang berkilauan. Cangkang terluar kumbang daun aspidimorpha miliaris tidak memiliki pigmen warna, sehingga tembus pandang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)