Ternyata Begini Cara Katak Kaca Membuat Tubuh Mereka Jadi Transparan

Senin, 26 Desember 2022 - 10:05 WIB
loading...
Ternyata Begini Cara Katak Kaca Membuat Tubuh Mereka Jadi Transparan
Kemampuan unik katak kaca yang mampu mengubah tubuh mereka jadi transparan tidak dimiliki hewan lainnya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Katak kaca Fleischmann (Hyalinobatrachium fleischmanni) punya kemampuan kamuflase untuk membantu mereka bersembunyi dari pemangsa yang rakus. Di malam hari, mereka umumnya bersembunyi di tempat gelap untuk menghindari predator .

Ternyata Begini Cara Katak Kaca Membuat Tubuh Mereka Jadi Transparan

Di siang hari, pigmentasi hijau pada kulit membantu mereka menyatu dengan latar belakang seperti dedaunan.

Tapi, ilmuwan Carlos Taboada dari Duke University menemukan fakta unik. Ketika katak kaca Fleischmann tidur siang, tubuhnya jadi tembus pandang. Bahkan, hampir ke titik benar-benar transparan.

“Katak kaca terkenal dengan otot dan kulit perutnya yang sangat transparan di mana tulang dan organ lainnya terlihat," tulis Taboada dalam makalah mereka.

“Kami menemukan bahwa jaringan ini mentransmisikan lebih dari 90 hingga 95 persen cahaya tampak. Transparansi ini dapat menyamarkan katak kaca dari pemangsa saat mereka tidur di atas daun di siang hari,” tambahnya.

Seharusnya, sel darah merah yang beredar di seluruh tubuh katak dapat membuat jaringan transparan sekalipun menjadi buram. Karena itu, fenomena transparansi sangat jarang terjadi pada hewan darat. Ini yang menjadikan katak kaca sebagai pengecualian.

Taboada meneliti 11 katak kaca Fleischmann dan menggunakan fotografi warna yang dikalibrasi untuk berulang kali mengukur transparansi mereka pada waktu yang berbeda: saat tidur, saat bangun, memanggil pasangan, setelah berolahraga, dan di bawah anestesi.

Para peneliti menemukan bahwa katak mempertahankan tingkat transparansi yang kira-kira sama saat terjaga, memanggil pasangan, berolahraga, dan di bawah anestesi.

Ternyata Begini Cara Katak Kaca Membuat Tubuh Mereka Jadi Transparan

Namun, saat mereka tidur, tubuh mereka menjadi 34-61 persen lebih transparan dibandingkan saat bangun tidur. Bagaimana mereka melakukan hal tersebut? Lewat spektroskopi optik pada 13 katak, hasilnya terlihat bahwa ada penurunan sirkulasi sel darah merah.



“Sirkulasi darah merah menurun hingga 89 persen, dan sinyal sel darah merah terkonsentrasi di hati,” ujar Taboada.

“Untuk tidur dengan aman, katak menyerap sebagian besar sel darah merahnya di hati. Ketika mereka bangun, sel darah merah mulai bersirkulasi secara normal, dan mereka dapat melakukan aktivitas secara normal. Ini luar biasa,” tambahnya.

Jadi, katak kaca bisa memutuskan kapan mereka ingin jadi transparan agar terhindar dari predator, misalnya saat sedangberistirahat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)