Siklon Tropis Badai Berkekuatan Besar yang Akan Terjang Jakarta Besok

Selasa, 27 Desember 2022 - 18:57 WIB
loading...
Siklon Tropis Badai Berkekuatan Besar yang Akan Terjang Jakarta Besok
Siklon Tropis badai yang akan terjang Jabodetabek besok. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi akan terjadi hujan ekstrem di Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022.


Demikian disampaikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam paparannya secara daring, Selasa (27/12/2022), Dia menjelaskan, istilah badai, terminologi badai itu kurang lebih merupakan siklon tropis. Jadi, kata dia, pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem, itu badai.

Apa itu Siklon tropis? seperti dilansir dari Live Science, Siklon Tropis yakni badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km.

Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Secara teknis, siklon tropis didefinisikan sebagai sistem tekanan rendah non-frontal yang berskala sinoptik yang tumbuh di atas perairan hangat dengan wilayah perawanan konvektif dan kecepatan angin maksimum setidaknya mencapai 34 knot pada lebih dari setengah wilayah yang melingkari pusatnya, serta bertahan setidaknya enam jam.

Kadangkala di pusat siklon tropis terbentuk suatu wilayah dengan kecepatan angin relatif rendah dan tanpa awan yang disebut dengan mata siklon. Diameter mata siklon bervariasi mulai dari 10 hingga 100 km.

Mata siklon ini dikelilingi dengan dinding mata, yaitu wilayah berbentuk cincin yang dapat mencapai ketebalan 16 km, yang merupakan wilayah dimana terdapat kecepatan angin tertinggi dan curah hujan terbesar.

Masa hidup suatu siklon tropis rata-rata berkisar antara 3 hingga 18 hari. Karena energi siklon tropis didapat dari lautan hangat, maka siklon tropis akan melemah atau punah ketika bergerak dan memasuki wilayah perairan yang dingin atau memasuki daratan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)