Mirip James Webb, China Bangun Teleskop Optik Terbesar di Asia

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:17 WIB
loading...
Mirip James Webb, China Bangun Teleskop Optik Terbesar di Asia
China mengumumkan rencana pembangunan teleskop optic terbesar di Asia untuk meningkatkan kemampuan pengamatan astronomi bersaing dengan negara lain di dunia. Foto/Peking University/Space
A A A
BEIJING - China mengumumkan rencana pembangunan teleskop optik terbesar di Asia untuk meningkatkan kemampuan pengamatan astronomi bersaing dengan negara lain di dunia. Proyek, yang dalam bahasa Inggris disebut Expanding Aperture Segmented Telescope (EAST), dipimpin oleh Universitas Peking.

Proyek ini membuat teleskop awal dengan bukaan 6 meter pada tahun 2024, kemudian cermin akan diperluas menjadi 8 meter pada tahun 2030. “Teleskop itu akan sangat meningkatkan kemampuan pengamatan China dalam astronomi optik,” menurut pernyataan Universitas Peking dikutip SINDOnews dari laman Space, Kamis (29/12/2022).

Singkatan EAST cocok karena fasilitas tersebut akan menjadi teleskop optik kelas dunia pertama di belahan bumi timur. Fasilitas teleskop luar angkasa terkemuka saat ini berada di Belahan Barat di lokasi sekitar Mauna Kea di Hawaii, Atacama di Cile, dan Kepulauan Canary di lepas pantai barat laut Afrika.



EAST juga akan menjadi fasilitas tambahan yang bagus untuk kemampuan astronomi China yang berkembang lebih pesat. Apalagi China telah membangun teleskop radio tunggal terbesar di dunia, FAST, dan berencana untuk meluncurkan observatorium luar angkasa besar yang dikenal sebagai Xuntian paling cepat akhir tahun 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)