Ilmuwan Ciptakan Alat Tes Autisme dari Rambut

Senin, 09 Januari 2023 - 20:05 WIB
loading...
Ilmuwan Ciptakan Alat Tes Autisme dari Rambut
Tes tersebut melibatkan pengiriman sampel rambut ke laboratorium untuk dianalisis dan terbukti mampu mendeteksi autisme secara akurat yaitu 81 persen selama studi peninjauan. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Sekelompok ilmuwan berhasil mengembangkan metode tes baru untuk mendeteksi autisme balita hanya dengan menggunakan sehelai rambut mereka.



Seperti dilansir dari Autisme, Senin (9/1/2023), tes tersebut menganalisis sampel rambut untuk mendeteksi kadar logam seperti timbal dan aluminium, yang dikatakan lebih tinggi pada anak autis.

Tes tersebut melibatkan pengiriman sampel rambut ke laboratorium untuk dianalisis dan terbukti mampu mendeteksi autisme secara akurat yaitu 81 persen selama studi peninjauan.

Metode pengujian baru digambarkan sebagai salah satu pencapaian terbaik oleh sekelompok peneliti dari perusahaan LinusBio yang berbasis di New York.

Bahkan, metode tersebut saat ini sedang diteliti oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS).

Beberapa ilmuwan lain juga menggambarkan metode tersebut sebagai perkembangan terbaru dalam kondisi kesehatan yang sulit didiagnosis yang kini mempengaruhi hampir 5,4 juta warga AS dan 700.000 warga Inggris.

Ini karena tidak ada tes standar untuk autisme, sehingga dokter harus mengandalkan riwayat perkembangan dan perilaku anak.

Menurut kelompok ilmuwan tersebut, tes sampel rambut harus digunakan bersamaan dengan beberapa metode lain untuk mendapatkan hasil yang akurat.

"Kami sekarang dapat mendeteksi autisme secara akurat hanya dengan menggunakan sekitar satu sentimeter rambut,''
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2535 seconds (0.1#10.140)