Video Game Bisa Jadi Alat Terapi Kerusakan Otak

Minggu, 24 Mei 2015 - 22:01 WIB
Video Game Bisa Jadi Alat Terapi Kerusakan Otak
Video Game Bisa Jadi Alat Terapi Kerusakan Otak
A A A
NEW YORK - Sebuah penelitian ilmiah dilakukan seorang jurnalis tentang manfaat video game bagi penderita gangguan keseimbangan motorik akibat kerusakan otak, multiple sclerosis (MS). Video game ternyata dapat membantu latihan kesimbangan.

Dilansir dari Big Think, Minggu (24/5/2015), Joseph Bennington-Castro, jurnalis di bidang sains mengkompilasi beberapa penelitian yang menyajikan video game sebagai alat terapi potensial untuk orang dengan multiple sclerosis.

Sejauh ini penelitian menggunakan video game oleh orang-orang dengan MS telah difokuskan terutama pada keseimbangan. Tapi, penelitian lain telah menunjukkan bahwa beberapa jenis video game dapat membantu gejala yang sering dikaitkan dengan MS, seperti hilangnya keterampilan motorik, depresi, dan kehilangan memori.

Penelitian ini mengkomunikasikan hasil-hasil positif dari terapi menggunakan papan keseimbangan Wii Fit. Sebagai salah satu gejala utama dari MS adalah kehilangan keseimbangan (karena miskomunikasi antara otak dan sumsum tulang belakang). Berlatih dengan permainan membantu pasien beradaptasi.

Bennington-Castro mencatat bahwa papan keseimbangan Wii Fit telah digunakan untuk mengobati masalah neurologis lainnya. Foto di atas artikel ini, misalnya, mendemonstrasikan program Angkatan Laut AS yang mengadopsi Wii Fit sebagai alat terapi fisik dengan yoga.

Perspektif tentang bagaimana video game mengutamakan kognisi, memori, dan keterampilan motorik dapat bermanfaat bagi pasien MS. Disimpulkan bahwa video game bukan hal yang ajaib, melainkan mereka berpotensi dapat digunakan sebagai alat untuk membantu latihan mental.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7340 seconds (0.1#10.140)